ITS Ajukan Paten Desain Motor Listrik Scrambler Hingga Skuter Bongsor

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 11:58 WIB
Desain Motor LIstrik Karya ITS
Desain Motor LIstrik Scrambler Karya ITS. Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham.
Jakarta -

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak cuma mengajukan paten desain mobil listrik. ITS juga membuat desain motor listrik yang tampil penuh gaya.

Ada beberapa desain motor listrik yang diajukan ITS. Ada yang bergaya scrambler, skuter bongsor seperti Yamaha XMAX hingga motor roda tiga bertenaga listrik.

Pertama, motor listrik bergaya scrambler karya ITS diberi nama DITRIX E-Scrambler Platform Battery Electric Motorcycle. Motor ini didesain oleh Daffa Rafsanjani Ijlal, Dr. Bambang Sudarmanta, S.T., M.T., Muhammad Haekal Shafi, dan Muhammad Ziaul Arif.

Dijelaskan dalam kegunaan produk, desain ini adalah sepeda motor bertenaga listrik berjudul DITRIX yang menggunakan gaya scrambler yang saat ini sedang popular di masyarakat karena lebih menarik untuk dilihat dan dikendarai. Motor ini berkonsep fungsi ganda, sebagai motor streetbike untuk penggunaan sehari-hari di jalan aspal perkotaan, dan sebagai motor off-road untuk di jalan bertanah dan petualangan off-road.

Konsep kedua adalah maxi scooter atau skuter bongsor yang diberi nama SACH I-DURRAND. Skuter listrik bongsor karya ITS itu didesain oleh Athaariq Ardhiansyah, Dr. Bambang Sudarmanta, S.T., M.T., Fahri Humaidi, Muhammad Rumi Latif Abdullah, Riqy Rizqyandra, dan Tengku Rafly Rizqulloh.

Desain Motor LIstrik Karya ITSDesain Motor LIstrik Maxi-Scooter Karya ITS Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Konsep Motor Maxi Scooter Electric yang diberi nama i-Durrand ini diharapkan menjadi kendaraan yang ramah lingkungan. Motor ini memiliki kegunaan sebagai kendaraan commuter dalam kota dan perjalanan luar kota sesuai khas kegunaan maxi-scooter dengan tenaga yang cukup besar. Skuter listrik ini juga akan dilengkapi kapasitas baterai yang besar.

Desain Motor LIstrik Karya ITSDesain Motor LIstrik Roda Tiga Pengangkut Sayur Karya ITS Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Tak cuma motor, ITS juga mengajukan paten desain motor roda tiga bertenaga listrik untuk pengangkut sayur. Desain ini merupakan kendaraan bertenaga listrik beroda tiga yang dirancang untuk mengangkut bahan makanan, utamanya sayur untuk diperdagangkan. Untuk menjaga kualitas sayur yang diangkut, kendaraan ini dilengkapi dengan kotak penyimpanan yang berfungsi sebagai insulator dari lingkungan luar dan memiliki sistem pendingin. Untuk mendukung fitur tambahan tersebut, ditambahkan juga sumber listrik tambahan berupa panel surya.

Desain Motor LIstrik Karya ITSDesain Motor LIstrik Pengangkut Sampah Karya ITS Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Terakhir ada Kendaraan Roda Tiga Listrik Pengangkut Sampah dengan Mekanisme Hidrolik untuk Pemadat Sampah, Loader, dan Pengangkat Bak. Desain ini dirancang untuk mengangkut sampah di lingkungan kampus. Dimensinya yang kompak membuat kendaraan ini mudah untuk bermanuver di jalan yang sempit.

Kendaraan ini memiliki beberapa fitur tambahan yang memudahkan pekerjaan, seperti fitur loader yang berguna untuk memudahkan operator untuk memasukkan sampah ke bak kendaraan. Pemadat sampah berguna untuk menekan dan memadatkan sampah sehingga volume sampah yang ditampung bisa lebih banyak. Dan fitur bak angkat yang memudahkan operator untuk menumpahkan sampah yang ada di dalam bak kendaraan. Fitur-fitur tambahan ini semuanya digerakkan secara hidrolis.



Simak Video "PNS Bakal 'Dipaksa' Pakai Mobil dan Motor Listrik, Ini Target Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)