Motor Retro Kawasaki Z650RS Meluncur, 'Pinjam' Mesin Ninja 650

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 28 Sep 2021 11:14 WIB
Kawasaki Z650RS
Kawasaki Z650RS. Foto: Dok. Kawasaki.
Jakarta -

Kawaski Eropa kembali memperkenalkan motor baru, kali ini adalah motor bergaya retro Kawasaki Z650RS.

Kawasaki Z650RS menambah lini motor sport retro pabrikan 'geng ijo' ini. Dalam siaran persnya disebutkan, Kawasaki Z650RS dibikin untuk pengendara kelas menengah yang menginginkan motor bergaya klasik.

Kawasaki Z650RS memadukan keseimbangan yang halus antara kesan retro dan modern. Motor ini mengingatkan kepada motor ikonik Z650-B1 yang diluncurkan pada 1977.

Motor ini menggendong mesin dua silinder 649 cc berpendingin cairan. Jantung pacu tersebut merupakan mesin yang sama dengan yang digunakan Kawasaki Ninja 650 dan Z650 saat ini.

"Dengan reputasi yang dapat dibenarkan untuk daya tahan dan performa, unit mesin yang dilengkapi assist dan slipper clutch juga telah menjadi dasar dari mesin yang dilombakan untuk meraih kesuksesan di balapan Isle of Man TT yang melelahkan," tulis Kawasaki dalam siaran persnya.

Kawasaki Z650RSKawasaki Z650RS Foto: Dok. Kawasaki

Mesin 650 cc pada Kawasaki Z650RS disetel untuk respons pada putaran rendah dan menengah. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 68 PS.

Dari sisi tampilan, Kawasaki Z650RS membangkitkan banyak kenangan tentang Z650-B1. Cat dan garis-garis desainnya adalah reproduksi dari motor jadul Kawasaki itu. Cover "duck tail" yang ikonik di belakang jok juga memberi penghormatan kepada motor jadul Kawasaki Z650-B1 yang meluncur pada 1977. Bahkan jok dan pola jahitannya menunjukkan perhatian cermat yang akrab terhadap perhatian detail oleh stylist Kawasaki.

Lampu depan LED bulat bertugas menerangi jalan. Instrument cluster hadir dengan gaya analog ganda dan menyertakan panel tengah digital untuk informasi pengendara. Penggunaan velg tipe multi-spoke emas membuat tampilannya jadi lebih manis.

Kawasaki Z650RSGaya klasik Kawasaki Z650RS terinspirasi dari Z650-B1 yang diluncurkan pada 1977. Foto: Dok. Kawasaki

Dalam hal sasis, Kawasaki Z650RS hadir dengan tipe rangka teralis tubular. Tipe rangka tersebut diklaim memberikan respons ringan dan gesit. Dimensinya yang tak terlalu bongsor membuat pengendara dengan mudah memijakkan kakinya ke aspal saat macet. Manuver dengan motor ini juga diakui mudah dikendalikan. Ketinggian kursi untuk Kawasaki Z650RS model Eropa adalah 820 mm, ada opsi aksesori kursi rendah dengan ketinggian hanya 800 mm.

Beralih ke urusan suspensi, Kawasaki Z650RS dilengkapi dengan suspensi depan konvensional 41 mm. Sementara suspensi belakang hadir dengan shock breaker horizontal khas Kawasaki yang bisa diatur pre-load.

Sementara untuk pengereman, ada dua cakram di depan berukuran 300 mm dengan caliper dua piston. Di belakang ada satu piringan rem berukuran 200 mm dengan kaliper satu piston. Sistem pengereman didukung oleh teknologi ABS dari Bosch.

Kawasaki Z650RS ditawarkan dengan tiga pilihan warna, yaitu Metallic Spark Black, Candy Emerald Green, dan Metallic Moondust Gray/Ebony.



Simak Video "Ngulik Kerennya Motor Trail yang Digeber Susi Pudjiastuti"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)