Triumph dan Bajaj Mau Bikin Motor Sport 250cc, di Indonesia Cocok?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 27 Agu 2021 20:51 WIB
Triumph Bonneville T120 2021
Triumph dan Bajaj mau bikin motor 250cc, cocok dijual di Indonesia? Foto: Dok. Triumph
Jakarta -

Triumph dikabarkan akan berkolaborasi dengan Bajaj untuk membuat motor sport 250cc. Kerja sama antara pabrikan Inggris dengan pabrikan India itu diharapkan bisa meningkatkan penjualan dan mempopulerkan merek Triumph di segmen menengah bawah.

Lalu bagaimana dengan kelanjutan kabar kerja sama tersebut? Dan jika nantinya Triumph dan Bajaj berhasil memproduksi motor sport 250cc, apakah motor tersebut cocok dipasarkan di Indonesia?

Direktur Teknik Triumph Motor Indonesia, Yudi Yulianto, mengatakan bahwa hingga kini belum ada kabar kelanjutan mengenai proyek kerja sama yang dilakukan Triumph dan Bajaj di India.

"Perihal kolaborasi antara Triumph dengan Bajaj memang pernah di-announce pada akhir tahun 2019, tetapi sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut. Jadi sementara ini kami belum bisa memberikan informasi lebih detail," kata Yudi, dalam konferensi virtual, Jumat (27/8/2021).

Lanjut Yudi menjelaskan, dirinya juga belum tahu apakah Triumph akan memasarkan model 250cc tersebut di Indonesia. Sebab banyak hal yang perlu dipertimbangkan, baik dari segi kecocokan pasar, maupun hal-hal lainnya.

"Kita bicara unit yang akan kita jual, terutama di Indonesia itu sangat berbeda dengan di luar negeri, di mana sebelum kita memutuskan untuk membawa unit-unit Triumph ke Indonesia kita juga ada pertimbangan, seperti apakah target pasarnya, apakah itu medium up atau medium ke bawah, itu akan kita layani," sambung Yudi.

Kerja sama antara merek Eropa dan merek India memang sudah menjadi hal yang lazim. Contohnya seperti BMW Motorrad yang bekerja sama membuat motor 300cc bersama pabrikan India, TVS. Hasil kolaborasi ini melahirkan naked bike BMW G 310 R, G 310 GS, dan TVS Apache RR310.

(lua/lth)