Bocor! Ini Penampakan Calon Yamaha R15 Terbaru

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 25 Agu 2021 19:51 WIB
Bocor penampakan calon Yamaha R15 terbaru
Foto: Gaadiwaadi. Bocor penampakan calon Yamaha R15 terbaru.
Jakarta -

Yamaha R15 model terbaru memang sedang melakukan uji jalan di India. Namun sebelum motor ini betul-betul resmi diperkenalkan, tampangnya sudah bocor duluan. Dan kesimpulannya, fascia R15 teranyar ini sangat mirip dengan Yamaha R7.

Bocoran foto generasi baru Yamaha R15 diunggah di laman Gaadiwaadi. Menurut situs tersebut, R15 model terbaru tampil dengan gaya yang lebih mahal dan kemungkinan besar diberi nama Yamaha R15M.

Mengacu pada bocoran sertifikat persetujuan tipe yang diajukan oleh Yamaha, R15 terbaru akan diposisikan lebih tinggi dari R15 V3. Nama 'M' digunakan Yamaha untuk membedakan dari generasi pendahulu R15.

Dokumen persetujuan tipe lebih lanjut juga mencatat mengenai dimensi Yamaha R15M. Motor sport fairing ini bakal punya panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, dan tinggi 1.135 mm, dengan panjang wheelbase (jarak sumbu roda) 1.325 mm dan ground clearance (jarak terendah ke tanah) 170 mm.

Dimensinya memang sangat identik dengan R15 V3 pun demikian dengan sistem pengeremannya. R15 model terbaru akan menggunakan cakram depan diameter 282 mm dan cakram belakang diameter 220 mm yang ditopang sistem dual-channel ABS sebagai standar.

Di bagian depan, Yamaha R15M menawarkan lampu depan proyektor LED tunggal baru yang mirip kepunyaan MT15 dengan LED Daytime Running Lights (DRL) yang mirip dengan model R7.

Pembaruan juga meliputi windscreen yang lebih cembung, knalpot baru, lampu rem LED yang dimodifikasi, panel bodi yang direvisi, dan yang juga lebih penting sokbreker depan Upside Down (USD) berwarna emas.

Selain itu, Yamaha R15 model terbaru ini juga diharapkan mendapatkan kluster instrumen yang diperbarui dengan penambahan fitur konektivitas Bluetooth dan konektivitas ke smartphone seperti pada Yamaha Nmax Connected di Indonesia.

Soal mesin, kabarnya akan menggunakan mesin 155cc seperti sebelumnya, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 13,5 kW pada 10.000 rpm, dikawinkan dengan transmisi enam percepatan, juga penyematan fitur slipper/assist clutch sebagai standar.

(lua/lth)