Gak Cuma Motor Listrik, Yamaha Siapkan Motor Berbekal Sintetis dan Karbon Netral

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 04 Agu 2021 21:34 WIB
Motor konsep Yamaha Tritown, E0-1 Electric Commuter dan EO-2 Commuter Electric.
Motor konsep Yamaha E02 Commuter Electric Foto: Pool (Yamaha/Motorcyclenews)
Jakarta -

Produsen otomotif raksasa asal Jepang Yamaha menguraikan rencana besar mereka di masa depan. Yamaha mengatakan 90 persen model yang akan dijual Yamaha pada 2050 bakal berbekal listrik, bahkan pilihan bahan bakar sintesis dan Netral karbon (CN) bakal menjadi pilihannya.

Dikutip motorcyclenews, Yamaha sudah mulai memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan terbaru, dengan menggunakan bahan bakar cair dan karbon netral (Carbon Neutral/CN). Dikatakan motor ramah lingkungan ini akan memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dan memiliki katup variabel untuk bisa meningkatkan efisiensi.

"Kami memiliki tujuan untuk bisa melahirkan mobilitas baru yang belum pernah terjadi, dengan menggabungkan teknologi terbaik yang sudah menjadi kekuatan Yamaha, sekaligus memadukan teknologi produksi robot milik kami," ujar Yamaha Motors President, Yoshihiro Hidaka.

Untuk membuktikan keseriusan Yamaha agar bisa melahirkan kendaraan ramah lingkungan, dikabarkan Yamaha siap memperkenalkan motor konsep Yamaha yang lebih ramah lingkungan.

Salah satunya dengan memperkenalkan motor konsep dengan pilihan roda 3 terbaru atau motor konsep dengan model Leanig multi-Wheel (LMW).

"Salah satunya model miromobilitas listrik Tritown, dengan memiliki tiga roda dengan dua roda berada diposisi depan yang coba diciptakan untuk memiliki jarak tempuh yang jauh," Yoshiro Hidaka menambahkan.

Yamaha mengatakan jika memang ajang Tokyo Motor Show digelar, Yamaha akan kembali memperlihatkan motor masa depan mereka yang sudah diperkenalkan pada 2019 silam, diantaranya Tritown, E01 dan E02 Electric Commuter.

Motor konsep Yamaha Tritown, E0-1 Electric Commuter dan EO-2 Commuter Electric.Motor konsep Yamaha Tritown Foto: Pool (Yamaha/Motorcyclenews)

Dijelaskan diperkenalkannya Tritown, tidak lain karena Yamaha sudah siap memproduksi dalam jumlah kecil, sekaligus menjadi batu loncatan antara sepeda dan motor listrik.

Motor konsep Yamaha Tritown, E0-1 Electric Commuter dan EO-2 Commuter Electric.Motor konsep Yamaha E01 Foto: Pool (Yamaha/Motorcyclenews)

Motor konsep kedua yang bakal diperkenalkan Yamaha selanjutnya disapa E01 Electric Commuter, sebuah motor listrik yang memikiki performa layaknya skuter dengan mesin 125cc. Kerennya skuter listrik Yamaha ini hanya butuh waktu 1 jam untuk bisa mengisi daya hingga 90 persen.

Motor konsep Yamaha Tritown, E0-1 Electric Commuter dan EO-2 Commuter Electric.Motor konsep Yamaha EO2 Commuter Electric. Foto: Pool (Yamaha/Motorcyclenews)

Motor konsep ketiga yang bakal dipamerkan Yamaha disapa E02 Electric Commuter, yakni skuter listrik yang pernah diperkenalkan pada 2019 yang memiliki sistem dengan pasang-lepas baterai yang lebih mempersingkat waktu pengisian baterai.

Sayangnya Yamaha masih belum membocorkan desain motor ramah lingkungan mereka yang bakal berbahan bakar sintesis dan Netral karbon (CN).



Simak Video "Spesial Kemerdekaan, Yamaha QBIX Masuk ke Indonesia Lewat Importir Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)