Waktu Ngecas Lama, Sistem Cabut Baterai Bisa Lebih Cocok untuk Motor Listrik di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 08:37 WIB
Motor listrik Smoot
Motor Listrik Smoot Foto: doc. Smoot Motor Indonesia
Jakarta -

Market kendaraan ramah lingkungan seperti listrik di Indonesia diprediksi masih akan terus tumbuh, seiring dengan perkembangan infrastruktur setiap tahunnya. Meski demikian, untuk segmen motor listrik di Indonesia dinilai sistem mengganti baterai atau Swap, akan menjadi pilihan paling tepat untuk dimiliki.

Soalnya motor listrik dengan sistem tukar-ganti baterai dan pengisian baterai cepat layaknya motor bensin, masih menjadi andalan pengendara roda dua.

"Motor listrik dan mobil listrik itu berbeda, untuk mobil sekali charger itu bisa berlari hingga 400 km, sedangkan motor listrik standar sekali pengisian baterai hanya mencapai 50-60 km, jadi tingkat efisiennya untuk ekonomi itu agak susah," ucap CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, dalam temu virtual dengan detikCom.

"Selain itu main dihargai Rp 30 juta untuk motor listrik lebih susah (menjualnya). Kita menilai cocoknya motor listrik di Indonesia menggunakan sistem Swap karena pengguna motor listrik enggan menunggu lama-lama, dan saat ini kami sudah ada 100 titik (pertukaran baterai yang hanya butuh 9 detik) di Jakarta, dan nanti kami akan merambah ke Jabodetabek hingga 300 titik, setelah itu kita akan coba memperkenalkan ke kota-kota besar," Irwan menambahkan.

Motor listrik SmootMotor listrik Smoot Foto: doc. Smoot Motor Indonesia

Irwan mengatakan saat ini Smoot Motor Indonesia sudah berdiri 1 tahun, dan telah memiliki pabrik assembly dan RnD di Cikupa Tengerang, meski masih ada beberapa part yang memang didatangkan dari luar negeri.

"Konsumen tidak perlu khawatir takut kehabisan baterai (masih dalam kawasan Jakarta), karena kita terus memperbanyak stasiun pengisian baterai, selain itu jika baterai mengalami kerusakan akan kami ganti. Karena baterai Swap ini milik kami, dengan menjadi milik kami, konsumen hanya menjadi hak pakai seumur hidup. Keuntungan untuk konsumen, konsumen tidak perlu melakukan perawatan dan jika rusak maka akan kami ganti," jelas Irwan kembali.

Sebagai catatan pada Agustus 2021 besok, PT Smoot Motor Indonesia akan memperkenalkan motor listrik Smoot Tempur dengan sistem swap atau ganti baterai. Motor listrik Smoot Tempur menggendong kapasitas baterai 64V/22,5 Ah, Electric Motor Type DC Bushless, Electric Motor Power 1.500 W, Runway Speed 10RPM (kurang lebih) dan memiliki maksimum torsi mencapai 112 NM/ 750 RPM.



Simak Video "Nyobain Smoot Tempur di Jalanan Ibukota"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)