Andai Desain Yamaha R25 Seperti Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 16:49 WIB
Digital modification All New Yamaha R25 oleh Julak Sendie Design
Foto: Julak Sendie Design. Digital modification All New Yamaha R25 oleh Julak Sendie Design
Jakarta -

Yamaha R25 facelift diluncurkan pada 2018 lalu. Jika dihitung usianya, motor sport 250cc 2 silinder ini masih tergolong baru. Tapi motor ini cukup jarang terlihat di jalanan. Salah satu penyebabnya, motor ini dinilai tidak memenuhi ekspektasi konsumen di segmen ini karena ubahannya yang terasa nanggung.

Mengapa ubahan Yamaha R25 disebut tanggung? Itu karena Yamaha Indonesia hanya melakukan facelift di area depan hingga tengah saja, sementara di bagian buritan masih sama persis seperti generasi pertama Yamaha R25.

Desainer lokal yang hobi membuat gambar render otomotif, Julak Sendie Design, membuat perkiraan desain Yamaha R25 generasi berikutnya. Model baru R25 tersebut terinspirasi dari bigbike Yamaha R7 yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Yamaha R25 model 2018Yamaha R25 model 2018 Foto: Rifkianto Nugroho

Sendie mengatakan jika Yamaha R7 memiliki bentuk frame yang mirip dengan R25, yaitu tubular atau model teralis, sehingga desain bodinya cocok untuk diterapkan di R25.

"Ciri khas dari Yamaha R7 yang JSD (Julak Sendie Design) ambil konsepnya adalah desain lampu depan, desain fairing samping dan desain bodi belakang. Ketiga desain tersebut JSD aplikasikan di R25 dengan tetap menyesuaikan rangka asli agar tampilan yang dihasilkan tetap proposional," kata Sendie.

Pada desain digital modification (digimod) ini, lampu depan Yamaha R25 menggunakan teknologi proyektor yang disematkan di bagian air ram, sehingga tampak mirip seperti Yamaha R7.

Selain itu, ditambahkan pula lampu DRL, sehingga membuat sedikit perubahan di fairing samping. Oiya, untuk bagian fairing masih mempertahankan konsep awalnya.

Digital modification All New Yamaha R25 oleh Julak Sendie DesignDigital modification All New Yamaha R25 oleh Julak Sendie Design Foto: Julak Sendie Design

"Hanya saja dimodifikasi ulang di mana cover frame didesain ulang dengan bentuk yang lebih menarik dan mirip seperti Yamaha R7 serta tambahan di bagian undercowl yang dibuat terpisah dengan fairing utamanya. Dan desain modifikasi terakhir ada di bagian bodi belakang yang dibuat sama persis dengan desain buntut Yamaha R7," sambungnya.

Menurut detikers gimana hasil modifikasi digital Yamaha R25 oleh Julak Sendie ini?

(lua/din)