Dulu Anjlok, Sekarang Harga Bekas Yamaha Xabre Naik Karena Jadi Incaran

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 19:18 WIB
Yamaha kenalkan Streetfighter terbaru Xabre di awal 2016.
Ilustrasi Yamaha Xabre Foto: M Luthfi Andika
Jakarta -

Pedagang motor bekas mengaku saat ini tren harga motor sport bekas memang lebih turun dibanding motor matic bekas. Namun, ada satu motor sport naked dari Yamaha yang terpantau sedang naik harganya, yaitu Yamaha Xabre.

Salah satu dealer motor bekas di bilangan Jakarta Utara, RnD Motosport, mengatakan bahwa saat ini Yamaha Xabre sedang banyak jadi incaran, sehingga harganya melambung.

"Dulu sempat kita jual Xabre ini diharga Rp 12 Jutaan, tapi sekarang kita jualnya termurah di Rp 14,5 Jutaan," papar Aditya, crew RnD Motosport kepada detikOto.

Menurutnya sejak disuntik mati dan digantikan oleh Yamaha MT-15, harga Yamaha Xabre ini cenderung anjlok. Namun kini, karena barangnya unik dan langka justru kerap jadi incaran calon pembeli motor sport bekas.

"Gayanya sih sangar, siap nongkrong banget. Sok depan udah up side down, bodinya kekar dan sekarang udah nggak ada lagi barunya. Makanya banyak yang cari," papar Aditya.

"Ya bisa dibilang sekarang saat yang tepat kalau mau jual Xabre, karena harganya lagi bagus," lanjutnya.

Yamaha Xabre ini adalah motor yang sempat dimasukkan secara resmi oleh Yamaha Indonesia pada awal 2016. Tidak tanggung-tanggung, Yamaha kala itu membawa Valentino Rossi untuk memperkenalkan jagoan barunya ini.

Hadir dengan desain yang beda dibanding motor sekelasnya, Yamaha Xabre sempat menjadi motor yang sangat tersegmentasi.

Yamaha Xabre yang menggunakan mesin 150cc, harus bermain di kelas yang sama dengan saudara satu pabrikannya yaitu Yamaha Byson dan Yamaha Vixion. Sementara, untuk rival dari pabrikan lain ada Honda CB150R hingga Suzuki GSX-S 150.

Akhirnya pada akhir 2019, karena sulit bersaing di pasar motor sport naked 150cc dan juga kehadiran Yamaha MT-15, Yamaha Xabre ini harus disuntik mati.

Saat ini di pasar motor bekas, Yamaha Xabre lansiran tahun 2016 dibanderol seharga Rp 14-15 Jutaan. Sedangkan untuk tahun terakhirnya yaitu 2019, Yamaha Xabre masih dihargai sekitar Rp 18-19.5 Jutaan.



Simak Video "Review Suzuki GSX-R 150 2017, Worth It?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)