Viral Moge Ditilang Gegara Knalpot Bising, Ducati Indonesia: Dari Sananya Sudah Nyaring

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 08 Jun 2021 06:42 WIB
Jakarta -

Belum lama ini, ada aksi salah tilang yang dilakukan oleh pihak kepolisian kepada pemilik Ducati Streetfighter V4S standar. Penilangan ini, dilakukan dengan alasan pemilik Ducati Streetfighter V4S tersebut awalnya diduga menggunakan knalpot bising yang dilarang penggunaannya.

Menanggapi hal ini, pihak Ducati Indonesia mengatakan bahwa sejatinya mesin-mesin dari Ducati yang berkubikasi besar cenderung punya suara yang juga lebih keras.

"Pada dasarnya, Ducati memang memiliki suara yang khas. Kalau buat penggemar motor, khususnya motor besar biasanya sudah hafal dengan suara mesin Ducati yang khas," papar Bonifacius Soemarmo, Marketing Head Ducati Indonesia kepada DetikOto, Senin (7/6/21).

"Terkait kasus yang kemarin viral soal motor Ducati Streetfighter V4S standar yang kena tilang, sebenarnya memang yang namanya moge, motor dengan CC besar, suara yang dihasilkan juga pasti akan lebih besar. Tapi suara yang besar itu juga banyak dihasilkan oleh suara mesin, jadi tidak hanya dari suara knalpot. Jadi walaupun dengan knalpot standard, suara moge akan tetap lebih keras dari motor lain dengan CC yang lebih kecil," papar Bonifacius.

Menurutnya beberapa motor Ducati bahkan menggunakan sistem dry clutch atau kopling kering, sehingga suara yang dihasilkan cenderung berbeda dengan motor kebanyakan yang menggunakan sistem kopling basah.

"Selain itu kebanyakan motor Ducati mengaplikasikan sistem dry clutch (kopling kering), yang membuat suara mesin Ducati terdengar 'lebih berisik' dibandingkan dengan mesin yang menggunakan wet clutch. Walaupun tidak semua motor Ducati menggunakan dry clutch," lanjut Bonifacius.

Bonifacius menekankan bahwa Ducati Streetfighter V4S dalam versi standar memang sudah bersuara khas dan lebih keras.

"Motor Ducati Streetfighter V4S yang kena tilang kemarin memiliki berat 180kg, ditenagai oleh (mesin) 1100cc Desmosedici Stradale 90-degree-V4, sudah bukan lagi V2. Jadi suara yang dihasilkan oleh mesin tersebut bahkan dengan knalpot standar memang sudah keras," paparnya.

Pihak kepolisian memang tidak melanjutkan penilangan kepada pemilik Ducati Streetfighter V4S kemarin, karena adanya mediasi dan edukasi akan motor Ducati standar dari pihak pemilik.

"Untung sudah beres (urusan salah tilangnya) gak pake ribet," tutup Bonifacius.

(mhg/din)