Pak Polisi, Ini Lho Spesifikasi Standar Ducati Streetfighter V4S Jangan Ditilang Yah..

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 07 Jun 2021 17:52 WIB
Ilustrasi Ducati Streetfighter V4S
Ilustrasi Ducati Streetfighter V4S Foto: Ducati Official
Jakarta -

Baru-baru ini viral di jagat media sosial tentang penilangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian kepada pemilik Ducati Streetfighter V4S. Lucunya pemilik Ducati terbaru ini ditilang karena dianggap menggunakan knalpot bising. Padahal, sang pemilik Ducati Streetfighter V4S ini sama sekali belum merubah knalpotnya alias masih standar. Berikut spesifikasi standar dari Ducati Streetfighter V4S ini agar tidak salah tilang ya pak polisi.

Dikutip situs resmi Ducati, mesin yang digunakan oleh motor bergaya telanjang ini adalah mesin berkubikasi 1.103cc. Mesin yang diberi julukan Desmosedici Stradale 90 derajat V4 ini berkonfigurasi sesuai julukannya yakni V4.

Kalau melihat pistonnya, mesin ini menggunakan piston berdiameter 81 mm dengan ukuran jarak piston 53.5 mm. Secara spesifikasi, mesin yang dipakai Streetfighter V4S ini punya karakter overbore yang cenderung liar tenaganya di putaran gas tinggi.

Ducati mengklaim, Streetfighter V4S ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 208 HP di putaran mesin 13.000 RPM dan torsi 123 Nm di putaran mesin 11.500 RPM. Di atas kertas, tenaga segini sama dengan sekitar 23 kali lipat dari tenaga Honda Beat standar.

Ducati Streetfighter V4Ducati Streetfighter V4 Foto: Ducati

Tenaga yang besar tersebut, disalurkan ke roda melalui gearbox 6 percepatan yang dipadukan dengan Ducati Quick Shift. Selain itu untuk urusan kopling, Streetfighter V4S ini masih menggunakan self servo wet clutch atau kopling basah.

Mesin ini juga diklaim oleh Ducati sudah lolos standar emisi Euro 5 yang terkenal ketat. Belum lagi, knalpot dari Ducati Streetfighter V4S ini sudah menggunakan 2 buah konverter katalis serta 2 lambda probes agar semakin ramah lingkungan.

Setelah bahas mesin, yang tidak kalah 'sangar' dari Ducati Streetfighter V4S yang salah tilang ini adalah rangka dan kaki-kakinya. Perbedaan yang paling terlihat mencolok dari V4 biasa dan V4S adalah penggunaan suspensi yang 'jumawa'.

Untuk bagian depan, berbalut kelir emas, sok yang dipasangkan Ducati adalah sok teleskopik terbalik dari vendor Ohlins. Senada dengan yang depan, sok belakang pun menggunakan sok Ohlins TTX36 yang bisa diatur secara elektronik.

Sementara untuk rangka, Ducati menggunakan rangka berbahan alumium alloy yang membuat motor ini punya bobot hanya 180 kg atau hanya sekitar 70 kg lebih berat dari Honda Vario 125. Lalu untuk urusan dimensi, agar punya bayangan Ducati Streetfighter V4S ini punya jarak sumbu roda 1.488 mm dan tinggi jok 845 mm.



Simak Video "Fakta Rombongan Ducati Ditilang, Ada Salah Paham soal Knalpot"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)