Mengenal Motor yang Dipakai Ridwan Kamil Bonceng AHY

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 05 Jun 2021 17:12 WIB
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu Ridwan Kamil di Bandung. Dalam pertemuan itu keduanya sempat berboncangan naik sepeda motor.
Ridwan Kamil bonceng AHY. Foto: Yudha Maulana/Detikcom
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Bandung kemarin sore. Dalam pertemuannya, Ridwan Kamil dan AHY berboncengan naik motor. Motor apa yang dipakai Ridwan Kamil dan AHY?

Jika dilihat dari bentuknya, tampaknya motor yang dipakai Ridwan Kamil untuk membonceng AHY itu adalah BMW R50. BMW R50 merupakan salah satu motor klasik yang diproduksi BMW antara tahun 1955 sampai 1969. Motor klasik ini masih menjadi incaran kolektor karena jumlahnya yang tak banyak.

Bicara BMW R50 yang digunakan Ridwan Kamil dan AHY, motor ini ditenagai mesin dua silinder boxer. Mesin berkapasitas 494 cc dua silinder boxer tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 25,48 daya kuda pada 5.800 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 39 Nm.

Bahkan, motor klasik ini bisa berlari hingga 140 km/jam. Kecepatan itu terbilang tinggi untuk ukuran motor klasik yang diproduksi antara 1955 sampai 1969 tersebut.

Mesin dua silinder boxer empat tak itu memiliki 68,0 mm bore x 68,0 mm stroke. Bahan bakar disuplai melalui katup overhead (ohv). Motor ini menggunakan transmisi empat percepatan.

Perlengkapan standar untuk motor klasik ini antara lain garpu depan teleskopik, suspensi belakang yang terdiri dari lengan ayun panjang dengan unit suspensi dan peredam kejut tekanan oli, sistem pengereman tromol, single seat, lampu depan besar, hingga spatbor berukuran penuh.

BMW R50 dan R50/2 adalah sepeda motor BMW 500 cc boxer twin yang diproduksi hingga 1969 di Munich, Jerman, oleh Bayerische Motoren Werke (BMW Aktiengesellschaft).

[Gambas:Instagram]



Sementara itu, Kang Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--membonceng AHY saat kunjungannya ke Bandung. Dia mengajak AHY bernostalgia di Bandung.

"Saya ajak ke jalur nostalgia, karena Mas AHY itu lahir di Bandung, bersekolah dan jatuh cinta kepada @annisayudhoyono juga di Bandung," sebut Ridwan Kamil dalam unggahannya di Instagram.

Bahkan ketika tiba di tempat pertemuan keduanya sempat berkelakar. "Sesuai aplikasi ya, luar biasa dibonceng oleh Kang Emil ini, gubernur Jabar," tutur AHY begitu turun dari sepeda motor.

Kang Emil pun menimpali candaan itu dengan menyebut AHY memesan ojek, lalu yang mendapatkan pesanan itu adalah dirinya. "Tadi mas AHY pesan ojek, tapi yang datangnya saya," kelakar Kang Emil.



Simak Video "Momen AHY Safari ke Ridwan Kamil Hingga Naik Motor Berboncengan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)