Mulai Rp 100 Jutaan, Ini Pilihan Harley yang Cocok Buat Pemula

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 24 Mei 2021 07:48 WIB
Pabrikan motor besar legendaris asal Amerika Serikat, Harley-Davidson meluncurkan Roadster model tahun 2016. Harley-Davidson Roadster akan mengisi jajaran motor Sportster Harley-Davidson.
Harley-Davidson Sportster. Foto: Harley-Davidson
Jakarta -

Kalau mendengar moge Harley-Davidson, pastilah identik dengan harganya yang mahal. Tembus ratusan juta rupiah, bahkan ada yang miliaran harganya. Namun ada model Harley-Davidson yang harganya terjangkau dan sedang menjadi incaran.

Ghufron Halim, penjual motor Harley-Davidson bekas merekomendasikan salah satu jenis Harley-Davidson model Sportster dengan mesin Evolution.

"Untuk saat ini, Harley yang sedang laku keras dan disukai oleh anak-anak muda bahkan orang tua adalah yang model Sportster. Harganya beragam, tapi ada yang Rp 100 jutaan untuk tahun '80-an sampai 2000-an," papar Ghufron yang juga seorang Asian Coordinator dari Pinwall Cycle Parts, dealer Harley Davidson di Ohio, Amerika Serikat.

Ghufron menjelaskan bahwa Harley model Sportster ini punya bodi yang ramping dan secara handling lebih ringan sehingga cocok buat berkendara harian.

"Tipe (Sportster) ini, selain karena harganya yang paling murah untuk saat ini, untuk urusan purnajualnya pun gampang. Lalu kalau bosan, mau upgrade atau ganti ke model yang lebih besar pun mudah," ujar Ghufron.

Sporster yang Ghufron maksud adalah model yang masih menggunakan karburator, karena cenderung lebih mudah perawatannya.

"Justru enakan karburator ya menurut saya. Karena bisa secara manual memperbaikinya, sedangkan yang injection harus menggunakan komputer untuk di-scan. Biasanya sekali scan yang error bisa Rp 1 jutaan," papar Ghufron.

Selain itu Ghufron juga menjelaskan bahwa Sportster ini punya suara yang khas dan cenderung lebih enak didengar untuk tipe yang menggunakan mesin Evolution karburator. Dia lebih menyarankan Harley-Davidson tipe Sportster ketimbang Harley-Davidson Street dengan mesin 500 cc.

"Harley juga mengeluarkan tipe Street 500. Tapi serasa bukan pakai Harley. Namun itu masalah selera ya. Kalau saya lebih menyarankan yang Sportster, meski tua tapi Harley banget gitu," ujar Ghufron seraya tertawa.

Perlu diketahui saat ini Harley-Davidson model termurah yang dijual secara resmi di Indonesia adalah Harley Davidson Street 500. Sedangkan untuk Harley Davidson Sportster terbaru yang menggunakan mesin injeksi, diposisikan sebagai Harley kelas menengah.



Simak Video "Moge Harley-Davidson Masuk Kategori Pejantan Alpha"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)