Survei: Pemotor Belum Mau Ganti ke Motor Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 13:47 WIB
Baterai Motor Listrik Gesits
Motor listrik. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Perkembangan kendaraan listrik kian gencar dilakukan, tak hanya menyasar roda empat namun sepeda motor juga menjadi perhatian. Tapi nyatanya, tidak semua pengendara roda dua setuju jika sepeda motor beralih menggunakan tenaga listrik.

Dikutip Visordown, baru-baru ini sebuah survei dari Motorcycle Action Group (MAG) yang berbasis di Inggris, menunjukkan banyak pengendara motor yang menolak apabila roda dua kesayangannya beralih menggunakan listrik.

Survei tersebut ditujukan pada sejumlah pengendara sepeda motor di Inggris, baik yang tergabung dalam kelompok MAG maupun pengendara umum. Responden diberikan beberapa pertanyaaan mengenai penggunaan sepeda motor bertenaga listrik.

Para responden ditanya apakah mereka sudah siap menerima aturan baru soal larangan penggunaan motor berbahan bakar bensin di masa depan. Total hanya 8% yang menyatakan setuju dengan regulasi tersebut, lalu 36% responden memilih untuk menunda rencana itu.

Namun sebanyak 55% responden sepenuhnya menentang adanya larangan penggunaan sepeda motor berbahan bakar bensin. Lalu sekitar 83% responden setuju untuk membatalkan aturan tersebut dan tetap diperbolehkan menggunakan sepeda motor konvensional.

Hal yang menarik dari survei ini menunjukkan bahwa sebanyak 31% responden tidak akan membeli kendaraan roda dua bertenaga listrik. Mereka mengatakan lebih memilih tidak mengendarai sepeda motor sama sekali ketimbang harus memacu roda dua dengan tenaga baterai di dalamnya.

Hanya 13% responden yang setuju untuk beralih ke sepeda motor listrik. Lalu sebanyak 56% pengendara motor memilih tetap bertahan menggunakan motor berbahan bakar bensin, meski risikonya mendapat larangan dan sanksi dari pemerintah.

Sebagai informasi, pemerintah Inggris saat ini tengah membuat rencana untuk melarang penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan diesel pada 2030. Meski tak disebutkan sepeda motor ikut masuk dalam regulasi tersebut, tapi perlahan larangan ini akan mencakup semua moda transportasi.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)