Joe Biden Ngebut Jajal Pick-up Listrik Ford

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 20:25 WIB
President Joe Biden stops to talk to the media as he drives a Ford F-150 Lightning truck at Ford Dearborn Development Center, Tuesday, May 18, 2021, in Dearborn, Mich. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden ngebut naik mobil pick up listrik bikinan Ford (AP/Evan Vucci)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, melakukan kunjungan ke pabrik kendaraan listrik Ford di Michigan, AS. Di sana Biden sekalian menjajal prototipe pick-up listrik Ford F-150 Lightning yang sebentar lagi dirilis.

Biden, yang diketahui merupakan penggemar mobil, menjajal prototipe mobil pick-up listrik Ford F-150 Lightning pada Selasa (18/05/2021). Setelah menyampaikan pidato singkat mengenai dukungan terhadap industri otomotif, sang presiden kemudian menguji kemampuan pickup tersebut.

Dikutip dari USA Today, dalam sesi uji coba Biden memacu pick-up listrik F-150 dengan cepat. Setelah mendekati ujung lintasan, dia mengurangi kecepatan dan berhenti tepat di depan para wartawan.

"Mobil ini cepat," ujar Biden yang mengendarai mobil pick-up dengan setelan jas dan kacamata hitam.

Biden berucap pick-up listrik yang digebernya diperkirakan dapat mencapai akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik saja. Informasi sebenarnya masih jadi rahasai, mengingat Ford F-150 listrik ini belum diperkenalkan secara resmi. Mendengar hal itu Biden hanya tertawa dan bilang 'OK'.

Tak cukup mencoba sekali putaran, Biden kembali tancap gas dan mencoba untuk kedua kalinya di depan media. Selama melakukan uji coba tersebut Biden tidak ditemani oleh Secret Service yang biasanya tak pernah jauh darinya.

Terkait F-150 Lightning, ini merupakan mobil pick-up bertenaga listrik pertama Ford yang segera diluncurkan. Belum diketahui secara pasti soal kapasitas baterai dan kecepatan yang dihasilkan, mengingat Ford belum mau mengungkapkan hal tersebut.

Tapi rumor yang beredar mengatakan pick-up listrik ini memiliki dua motor listrik yang menyuplai energi ke sistem penggerak all-wheel drive.

Sejatinya Lighting bukan nama yang baru bagi Ford. Nama ini sudah pernah dipakai pada SVT F-150 Lightning pada 1990-an. Kemudian pada April lalu, Ford menggunakan nama Lightning untuk F-150 bertenaga listrik.



Simak Video "Ford Bronco Terdaftar di RI, Ini Bocoran Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)