Honda CB150R Tampil Moge Look, Tapi Kenapa Minus Assist Slipper Clutch?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 06 Mei 2021 10:54 WIB
Jakarta -

Honda CB150R terbaru disegarkan lewat tampilan yang lebih agresif dan mirip motor gede (moge). Tapi tampilan itu tak dibarengi dengan fitur assist slipper clutch. Kenapa?

Sakron Limpanachaipondgoon, Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd., mengatakan motor naked sport 150 cc saat ini belum membutuhkan fitur tersebut.

"Berdasar pada studi pasar yang kami lakukan, saat ini fitur yang ada pada CB150R Streetfire sudah cukup diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari fitur tersebut akan diadopsi pada model ini," kata dia saat peluncuran secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Seperti diketahui fitur assist slipper clutch bisa menambah level kompetisi motor ini, bahkan fitur tersebut sudah dibenamkan pada motor fairing CBR150R. Fitur assist clutch ini berguna mengurangi beban kerja kopling sampai 15 persen untuk kemudahan pemakaian harian.

Honda CB150R StreetFireHonda CB150R StreetFire Foto: Dok. AHM

Sedangkan slipper clutch cara kerjanya mengurangi efek kejut ketika pengendara melakukan engine braking untuk stabilitas dan memangkas potensi ban selip.

Tampilan moge (motor gede) dari CB150R ini berkat desain body yang lebih agresif dan tajam. Memang ukurannya juga lebih bongsor dari generasi sebelumnya.

"Cover fuel tank yang lebih lebar memberikan tampilan yang macho dan tangguh. Desain shroud depan baru yang aero-mechanical. Desain under cowl baru dengan aero deflector. Desain bodi belakang baru yang semakin tajam dan sporty," ujar Sakron.

Satu hal baru yang turut menambah kesan moge ialah penggunaan inverted front suspension kelir emas. Honda menyebut fitur ini membantu kestabilan sekaligus pengendaranya akan merasakan grip layaknya big bike.

(riar/rgr)