Motor Listrik Malaysia Mirip PCX Ini Bakal Masuk Indonesia

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 22 Apr 2021 16:50 WIB
Motor Listrik Malaysia Mirip PCX Bakal Masuk Indonesia
Motor listrik Malaysia siap masuk Indonesia. Foto: Dok. Treeletrik
Jakarta -

Indonesia akan kebanjiran kendaraan listrik. Tak cuma kendaraan listrik buatan dalam negeri, motor-motor listrik dari berbagai negara juga akan meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Salah satunya motor listrik dari Malaysia.

Tree Technologies Sdn Bhd (Treeletrik), perusahaan motor listrik asal Malaysia akan mengembangkan sayap ke Indonesia. Dikutip dari laman resminya, Treeletrik telah menandatangani kemitraan untuk memasok 200.000 unit motor listrik ke Indonesia melalui distributor.

Dalam pernyataannya, Treeletrik mengumumkan kerja sama tiga tahun dengan distributor bernama PT Pasifik Sakti Enjiniring dalam mempromosikan mobilitas elektrik, mendukung agenda transisi energi ASEAN.

Menurut Chief Executive Officer Treeletrik Datuk Viswananthan Menon, motor listrik menawarkan penghematan biaya jangka panjang kepada pelanggan. Dan yang lebih penting, motor listrik juga dinilai berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Motor Listrik Malaysia Mirip PCX Bakal Masuk IndonesiaMotor Listrik Malaysia Mirip PCX Bakal Masuk Indonesia Foto: Dok. Treeletrik

Salah satu motor listrik Treeletrik yang nyentrik adalah skuter listrik T-90 ini. Motor listrik tersebut dari tampilan depan mirip gaya desain Honda PCX. Begitu juga penggunaan tameng hingga naked handlebar atau setang telanjang tak terbungkus.

Motor listrik mirip PCX ini dibekali baterai lithium 72V/45AH. Dengan pengisian selama 4-6 jam, motor listrik ini bisa menempuh jarak hingga 85 km. Kecepatan tertingginya mencapai 90 km/jam.

Selain T-90, motor listrik Treelektrik buatan Malaysia memiliki kecepatan rata-rata 65-90 km/jam. Jarak tempuhnya bervariasi mulai 85 km hingga 120 km dalam satu kali pengisian ulang baterai.

Disebutkan, perusahaan itu juga berencana untuk mendirikan pabrik perakitan di Indonesia, usaha patungan dengan Pasifik Sakti Enjiniring. Pabrik perakitan motor listrik di Indonesia itu bertujuan untuk efisiensi rantai pasokan dan meningkatkan margin melalui perakitan lokal di pasar dengan permintaan yang cukup.



Simak Video "PNS Bakal 'Dipaksa' Pakai Mobil dan Motor Listrik, Ini Target Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)