Ada Lampu Kedip-kedip di Lengan Kiri Marc Marquez, Apa Itu?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 19 Apr 2021 09:14 WIB
Marc Marquez usai menuntaskan MotoGP Portugal, comeback-nya usai nyaris setahun absen karena cedera
Ada lampu berkedip di lengan kiri Marquez, apa itu? Foto: Twitter @HRC_MotoGP
Jakarta -

Marc Marquez akhirnya kembali ikut balapan MotoGP di GP Portugal, semalam WIB, setelah absen cukup panjang karena cedera yang ia derita. Sesampainya di garasi, Marquez tampak terharu.

Marquez mendapat posisi start keenam pada comeback-nya di ajang MotoGP. Marquez pada akhirnya finis di posisi tujuh. Dia lantas dapat sambutan meriah ketika tiba di garasi. Seluruh kru Repsol Honda memberikan standing ovation untuk perjuangan yang sudah dia lakukan di Partimao.

Saat kamera merekam Marquez yang tengah menangis terharu, ada yang menarik perhatian. Di baju balapnya, tepatnya di lengan sebelah kiri, terdapat lampu berkedip-kedip. Lampu apa itu?



Dikutip dari laman resmi Alpinestars, lampu yang berkedip-kedip di lengan kiri baju balap Marc Marquez adalah panel LED yang menunjukkan status sistem airbag. Lampu ini menunjukkan apakah airbag dalam baju balap yang dikenakannya berfungsi atau tidak. Sebuah konektor kecil yang menghubungkan airbag dengan baju balap memberikan sinyal ke tiga lampu LED kecil di lengan.

Jika lampu hijau menyala, maka sistem airbag berfungsi dan akan mengembang kalau pebalap mengalami kecelakaan. Jika lampu merah menyala, berarti sistem airbag tidak akan mengembang ketika kecelakaan.

Sistem airbag menggunakan algoritma yang dapat mendeteksi kecelakaan. Airbag akan mengembang penuh dan melindungi bagian tubuh pengendara sebelum terjadi benturan. Perlindungan airbag pada baju balap akan menutupi bagian belakang, dada dan bahu.

Di MotoGP, airbag menjadi perangkat wajib yang harus digunakan semua pebalap sejak 2018. Teknologi airbag ini menjadi perlindungan pasif bagi rider ketika terjadi kecelakaan. Jaket berkantung udara diklaim secara drastis mengurangi cedera pada tulang selangka dan bahu.

Baju balap memiliki sensor yang sangat canggih yang dapat mendeteksi apakah pengendara berada di trek atau tidak dan perbedaan antara jatuh dan nyaris jatuh. Airbag ini diaktifkan hampir secara instan, bahkan sebelum pengendara menghantam aspal.



Simak Video "Helm Marquez Bersaudara Dijajakan di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)