Honda Berencana Bikin Africa Twin Bermesin 700cc, Jadi Transalp Reborn?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 01 Mar 2021 13:46 WIB
Honda Transalp
Honda Transalp. Foto: Bennetts
Jakarta -

Honda dikabarkan sedang menggodok sebuah produk motor petualang terbaru. Menurut isu yang beredar, Honda sedang mengerjakan model Honda Africa Twin versi mesin 700cc. Dan yang menarik, baru-baru ini Honda dikabarkan mengajukan kembali permohonan hak cipta untuk nama 'Transalp' di Amerika Serikat. Apakah artinya motor petualang Honda Transalp akan dilahirkan kembali dengan gaya yang lebih modern?

Dikutip dari Bennetts, Honda sebelumnya sudah pernah mengajukan hak cipta merek 'Transalp' di AS pada 2016, namun kemudian dibatalkan. Tetapi pada bulan Februari 2021 ini, Honda kembali mengajukan hak cipta tersebut untuk produk sepeda motor dan bagian struktural sepeda motor.

Sebagai informasi, Honda Transalp dijual terakhir kalinya pada 2012 silam. Tentunya sangat masuk akal jika Honda berencana menghidupkan lagi merek motor ini melihat performa penjualan Africa Twin terbaru yang terbukti sukses di pasaran.

Honda TransalpHonda Transalp generasi terakhir Foto: Bennetts

Di lini produk motor petualangnya sendiri, Honda sudah memiliki beberapa motor yang kapasitas mesinnya lebih kecil, seperti CB500X dan NC750X. Namun kedua motor ini memiliki desain dan fungsi yang lebih berorientasi pada jalan raya (on road). Maka dengan adanya Africa Twin bermesin 700cc, itu bisa menambah lengkap lini produk motor petualang Honda.

Jika Honda benar-benar memproduksi Africa Twin 700cc dengan nama Transalp, motor ini bakal menjadi pesaing bagi model Yamaha Ténéré 700, BMW F750GS dan F850GS, KTM 890 Adventure, dan calon motor petualang baru Aprilia, Tuareg 660.

Sebagai informasi, motor petualang Honda Transalp memulai debutnya pada tahun 1986, dengan mesin V-Twin. Motor ini diberi nama XL600V, dan menjadi XL650V pada tahun 2000. Motor ini mendapatkan pembaruan terakhirnya menjadi bentuk XL700V pada tahun 2008. Versi XL400V juga dijual di Jepang.



Simak Video "Honda City Hatcback RS Resmi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)