Membandingkan Harga Motor Listrik Bamsoet dengan Kompetitornya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 11:36 WIB
Motor listrik Bamsoet, Bike Smart
Motor listrik Bamsoet, Bike Smart. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dikenal memiliki ketertarikan terhadap kendaraan listrik. Tidak hanya hobi mengoleksi mobil listrik, Bamsoet ternyata memiliki merek motor listrik bernama Bike Smart, yang dijual di bawah Rp 10 juta. Seperti apa perbandingan harga motor listrik Bamsoet dengan para pesaingnya.

Di pasaran sendiri sudah banyak merek-merek sepeda motor listrik yang eksis sebelum Bike Smart, seperti Selis, Viar Q1, BF Goodrich, Gesits, dan Volta.

Beberapa motor listrik dibanderol dengan harga cukup terjangkau, bahkan lebih murah dari skutik entry level yang dijual saat ini. Motor listrik kini sudah sangat ramah buat pengguna lantaran bisa dicolok ke instalasi listrik rumah.

Berikut daftar harga motor listrik terkini yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Skuter LIstrik SelisSkuter LIstrik Selis Foto: Dok. Selis

Selis

Merek ini mulanya fokus pada sepeda bertenaga listrik. Di tengah mulai ramainya industri mengarah ke kendaraan listrik, Selis pun mencoba peruntungan dengan turut bersaing di pasar yang masih baru ini. Berikut daftar tipe dan harga motor listrik Selis:

Agats: Rp 19,9 juta
E-Max (SLA): Rp 15,5 juta
E-Max (Lithium): Rp 28 juta
Eagle Prix: Rp 11,5 juta

Model berpose di atas motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (23 /7/2019).Model berpose di atas motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (23 /7/2019). Foto: Ari Saputra

Viar

Selain Selis, ada New Q1 dari PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia), mengutip dari beberapa situs e-commerce di Indonesia, Viar Q1 saat ini dibanderol Rp 18 jutaan on the road.

Motor ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 2 kWh, dengan kemampuan jarak tempuh 60 km. Untuk sekali pengisian daya dari kosong hingga penuh Viar Q1 membutuhkan waktu antara 5 sampai 7 jam.

Motor listrik BF GoodrichMotor listrik BF Goodrich Foto: BF Goodrich

BF Goodrich

Ada pula motor listrik buatan Semarang, Jawa Tengah, yang mengusung nama Goodrich. Perusahaan sepeda dan motor listrik ini telah berdiri sejak tahun 2018 dan telah mulai memasarkan 3 model motor listrik sejak kuartal pertama tahun 2019.

Goodrich menawarkan tujuh model motor listrik dengan harga sebagai berikut:

BF-Angela: Rp 14,3 juta
BF-BEE: Rp 13,2 juta
BF-CG: 19,8 juta
BF-Igor: Rp 13,2 juta
BF-Q7: Rp 13,2 juta
BF-QQ: Rp 16,5 juta
BF-Small S: Rp 14,850 juta

Motor Listrik Gesits Pesanan PLNMotor Listrik Gesits Pesanan PLN Foto: Dok. Gesits

Gesits

Gesits, menjadi salah satu motor yang mulai terlihat wara-wiri di jalanan Jakarta, salah satunya dipesan borongan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dalam situs resminya, motor ini mampu mencapai jarak 50 km untuk single baterai, dan 100 km untuk penggunaan dua baterai.

PT Gesits Technologies Indo (GTI) merilis harga resmi motor listrik nasional Gesits di IIMS 2019. Di situs jual beli online, motor rakitan anak negeri ini dibanderol Rp 27,5 juta on the road Jakarta.

Motor listrik VoltaMotor listrik Volta Foto: dok. IIMS Motobike Hybrid Show

Volta

Sama seperti Viar, PT Volta Indonesia Semesta (VIS) juga perusahaan otomotif yang berbasis di Semarang. Volta resmi meluncurkan motor listrik bernama Volta 401 di event IIMS Motobike Hybrid Show. Volta menjual motor listriknya dengan harga Rp 18 juta OTR Jakarta.

Motor listrik Bamsoet, Bike SmartMotor listrik Bamsoet, Bike Smart Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Bike Smart

Bike Smart merupakan merek motor listrik milik Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Bamsoet menjelaskan jika 30% komponen di sepeda motor listriknya seperti dinamo dan baterai masih diimpor dari China. Saat ini Bike Smart sedang menjalani uji tipe di Kementerian Perhubungan dan akan dirilis secara resmi bulan depan.

Soal harga, Bamsoet mengatakan bakal membanderol motor listriknya di bawah Rp 10 juta. Tujuannya agar terjangkau oleh semua kalangan, sehingga motor listrik bisa dinikmati oleh siapapun. Motor listrik Bamsoet kemungkinan akan dijual antara Rp 7 juta sampai Rp 8 juta.

Dilihat dari penampilan luarnya, motor listrik Bamsoet mengusung model skutik, dengan kelir kuning kombinasi putih. Di belakangnya terdapat tambahan boks untuk membawa barang. Di bagian kokpitnya masih menggunakan panel instrumen jenis analog, sementara sistem rem menggunakan cakram di roda depan dan tromol di roda belakang.



Simak Video "Anies-Atta Halilintar Hadiri Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)