7 Fakta Unik Suzuki Hayabusa, Motor Legendaris Pencatat Rekor Tercepat Dunia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 09 Feb 2021 14:29 WIB
Suzuki Hayabusa 2021
Suzuki Hayabusa generasi ketiga meluncur pekan lalu (Suzuki)
Jakarta -

Suzuki telah memperkenalkan varian motor terbaru Hayabusa 2021. Memasuki generasi ketiga, motor ini tidak mendapat perubahan signifikan baik dalam mesin serta desain.

Suzuki Hayabusa pertama diperkenalkan ke publik pada 1999 dan langsung mencuri perthatian karena kemampuannya yang fenomenal dan di saat bersamaan memiliki handling yang sangat baik, pun dengan fitur keamanan yang mumpuni.

Merayakan kemunculan generasi ketiga pekan lalu, berikut fakta-fakta unik di balik Suzuki Hayabusa, dikutip dari Visordown:

1. Tak Didesain Sebagai Motor Tercepat

Suzuki Hayabusa edisi pertama yang dirilis pada 1999 mencatat rekor sebagai motor produksi masal tercepat di dunia. Siapa yang sangka kalau motor tersebut pada awalnya tidak didesain untuk menjadi motor tercepat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Project Suzuki Hayabusa, Koji Yoshiura.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

"Menjadikan motor ini sebagai 'motor produks masali tercepat' bukan konsep atau target utama dari sepeda motor ini. Pada awalnya Hayabusa belum mengusung mesin 1.300 cc tetapi masih 900 cc. Kemudian beranjak menjadi 1.100 cc karena mengikuti trend pasar kala itu. Lalu kami kemudian membidik untuk memiliki akselerasi terbaik, juga handling, keselamatan, tenaga mesin dan sensasi berkendara yang nyaman dan lain-lain, yang kemudian menjadikannya motor tercepat,'" kata Yoshiura.

2. Hayabusa Generasi Pertama Adalah yang Paling Cepat

Saat pertama dirilis pada tahun 1999, Hayabuasa langsung memecahkan rekor sebagai motor produksi masal paling cepat di dunia, di mana motor tersebut mampu melesat hingga 303 sampai 312 km/jam.

Edisi pertama ini dibekali mesin 1.299 cc dengan tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 129 KW dan torsi 126,6-135 Nm pada putaran 6.750-7.000 rpm.

Sementara generasi kedua kapasitas mesinnya dikurangi menjadi 1.340 cc. Top speed-nya pun menurun ke angka 299 km/jam.

3. Arti Nama Hayabusa

Nama Hayabusa dipilih Suzuki karena terinspirasi oleh salah satu burung tercepat di dunia, yakni Peregrine Falcon. Burung ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum hingga 390 km/jam. Dalam bahasa Jepang, burung tersebut diberi nama Hayabusa.

Suzuki Hayabusa juga dikenal dengan nama GSX1300R. Motor ini kabarnya diproduksi untuk menyaingi Honda CBR1100XX Super Blackbird, yang ketika itu menjadi motor produksi umum tercepat di dunia.

Menurut mitos yang beredar, burung Hayabusa juga dapat julukan sebagai 'pemangsa blackbird'. Dengan kata lain, pemilihan nama Hayabusa juga dimaksudkan bahwa seakan-akan motor ini akan mengalahkan Honda CBR1100XX Super Blackbird. Namun tidak pernah ada konfirmasi dari Suzuki terkait hal ini.

Wujud Suzuki Hayabusa 2021Wujud Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Instagram @hayabusa_taiwan

4. Hayabusa Juga Didesain untuk Jadi Motor Aman

Suzuki tetap mengedepankan fitur keselamatan bagi pemilik motor Hayabusa.

"Karena Hayabusa merupakan motor dengan performa yang cukup tinggi, kami sangat memperhatikan tingkat keselamatan. Seiring dengan stabilitas kecepatan tinggi dan torsi linier yang digunakan," ujar Yoshiura.

Salah satu buktinya adalah penyematan lampu headlamp paling terang di saat itu. Suzuki juga memasang plus speedometer dengan visibilitas paling baik di antara motor-motor lain.

5. Suzuki Hayabusa Didesain untuk 'Berwajah Jelek'

Tanpa harus memerhatikan secara seksama, Suzuki Hayabusa punya desain agak sedikit berbeda dari motor sport pada umumnya. Yoshiura tak menyangkal soal hal itu.

"Misinya adalah untuk menciptakan gaya yang benar-benar baru yang tidak akan ketinggalan zaman dalam beberapa tahun setelahnya, dan gaya tersebut akan menjadi 'wajah' Suzuki."

"Tujuan saya adalah menciptakan desain yang agak aneh agar memberikan dampak awal yang kuat. Setelah motor tersebut beredar di pasaran dan menunjukan kinerja yang baik, saya pikir orang akan mulai tertarik dengan desainnya dan tidak akan bosan, karena motor ini dapat memberikan performa terbaik," ungkapnya.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

6. Pecahkan Rekor Kecepatan, Tembus 605 km/jam

Tahun 2010, Suzuki Hayabusa memecahkan rekor kecepatan di darat setelah mampu menembus angka 605 km/jam.

Rocky Robinson mengendarai Hayabusa yang dimodifikasi. Di mana motor tersebut disematkan dua buah mesin Hayabusa yang sudah dimodifikasi sehingga menghasilkan tenaga total sebesar 900 HP.

7. Orang Inggris Suka Hayabusa

Hayabusa menjadi salah satu motor jepang paling favorit di Inggris. Melalui jajak pendapat yang baru-baru ini dilakukan, Hayabusa berada di urutan ke delapan sebagai motor Jepang paling digemari di Inggris, selain Suzuki Bandit dan GSX-Rs.



Simak Video "Bebas PPnBM, Ini Daftar Mobil di Bawah Rp 200 Juta di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)