Dear AHM, New CB190SS Cocok Banget Lho Buat Pengganti Honda Tiger

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 02 Feb 2021 14:42 WIB
New Honda CB190SS
New Honda CB190SS. Foto: Wuyang Honda
Jakarta -

Honda China baru saja memasarkan New Honda CB190SS model 2021. Jika melihat desain dan kapasitas mesin yang diusung, model ini sangat cocok dijadikan sebagai penerus Honda Tiger di Indonesia. Seperti apa tanggapan PT Astra Honda Motor (AHM)?

"Kereeen ya. (Tapi) So far (sejauh ini) kita belum ada rencana masarin model tersebut," kata General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, melalui pesan singkat kepada detikOto, Selasa (2/2/2021).

Menurut Muhib, saat ini AHM masih fokus untuk memenuhi permintaan konsumen Honda di segmen motor sport, dengan model yang sudah diproduksi.

"Ya kita coba untuk penuhi keinginan konsumen dengan model motorsport yang ada saat ini ya. Seperti CB150 Street Fire, Honda CB150 verza, Honda CB650R. Dan juga dengan model full fairing, CBR series," sambung Muhib.

Sebagai informasi, Honda Tiger merupakan salah satu model legendaris Honda di Indonesia. Motor ini melejit di era 1990-an, dengan mesin 4-tak yang berkapasitas 200cc. Motor ini cukup sukses di pasar Indonesia dan diproduksi hingga 5 generasi. Saat ini hype Honda Tiger di pasar motor bekas pun kembali naik, sehingga membuat harga motor bergaya cruiser ini terdongkrak.

Jika AHM hendak melahirkan kembali Honda Tiger dengan CB190SS, itu bisa menjadi pilihan yang tepat. New Honda CB190SS 2021 menggendong mesin 184cc, berpendingin udara, yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 11,7 kw di 8.000 rpm dan torsi maksimum 15,0 Nm pada 7.000 rpm.

Motor ini memiliki bobot cukup berat, yakni 164 kg. Untungnya dibekali kapasitas tangki yang besar sehingga bisa menampung 15,3 liter, kapasitas itu bisa membawa motor ini menempuh jarak jelajah lebih dari 600 km.

Soal fitur, motor ini telah dilengkapi suspensi depan jenis upside down (USD), disc brake (rem cakram) depan-belakang, fitur rem ABS satu channel (di roda depan), lampu-lampu full LED, termasuk panel instrumen analog-digital yang cukup informatif.

New Honda CB190SS menggunakan stang model terintegrasi, yang diklaim bisa mengurangi titik getaran maksimum hingga lebih dari 30%. Artinya, motor ini bakal nyaman digunakan untuk turing jarak jauh.



Simak Video " Menjajal New Honda City Hatchback RS, Pengganti Jazz di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)