Ini Motor Pertama yang Akan Diproduksi Norton Setelah Jadi Milik TVS

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 07 Des 2020 17:29 WIB
Norton Motorcycle
Norton kembali memproduksi motor. Foto: Norton
Jakarta -

Norton Motorcycles akan kembali memproduksi sepeda motor pasca diakuisisi oleh perusahaan otomotif India, TVS. Ini menjadi angin segar bagi merek asal Inggris tersebut setelah vakum hampir satu tahun.

TVS Motor Company resmi menjadi pemilik baru Norton Motorcycles sejak bulan April lalu. TVS menggelontorkan uang tak kurang dari GBP 16 juta (Rp 309 miliar) untuk proses pengambil alihan tersebut.

Di bawah CEO, John Russel, Norton bakal memulai lembaran baru dengan memproduksi motor pertamanya. "Sepeda motor pertama yang akan kami buat adalah 40 Commandos," kata Russell, dikutip dari MCN.

"Kami memiliki beberapa pesanan dari pelanggan sebelumnya dan mungkin akan ada beberapa yang tersisa. Ini adalah motor yang disukai banyak orang," sambungnya.

Kendati sudah dimiliki perusahaan otomotif India, produk-produk Norton tetap akan dibangun di Inggris, tepatnya di fasilitas pabrik baru, di kota Solihull,
West Midlands.

"Kami ingin mengubah dari industri rumahan menjadi produsen sepeda motor yang kredibel. Kami telah mendirikan pabrik sementara di Solihull dan sedang merancang jalur produksi sekarang. Meskipun itu sementara (untuk 4-5 tahun ke depan), mungkin itu akan menjadi fasilitas terbaik yang pernah dimiliki Norton," bilangnya lagi.

Setelah semua pesanan Commando terpenuhi, Norton juga berencana membuat sepeda motor dengan mesin V4 yang baru. "Motor ini masih memerlukan beberapa pengembangan dan kami akan mendapatkan beberapa komponen dari pemasok berbeda. Ini akan jadi motor yang punya bobot dan posisi berkendara yang nyaman untuk pemula ," jelas Russel.

Pasca akuisisi tersebut, TVS telah mempertahankan 55 staf asli Norton, dan merumahkan sementara beberapa karyawan bidang produksi. Saat ini, Russel mengaku ada total sekitar 100 karyawan yang dipekerjakan Norton. "Dan itu bisa meningkat menjadi 200 karyawan di tahun depan," tukasnya.



Simak Video "Grebek Dealer Motor 2 Tak Langka! Ada yang Seharga Avanza Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)