Minggu, 19 Apr 2020 15:13 WIB

Gelontorkan Rp 309 Miliar, TVS Resmi Beli Norton Motorcycles

Luthfi Anshori - detikOto
TVS resmi akuisisi Norton Motorcycles TVS resmi ambil alih kepemilikan Norton Motorcycles.Foto: Indianautosblog
Jakarta -

TVS Motor Company resmi menjadi pemilik baru motor ikonik asal Inggris, Norton Motorcycles. Pabrikan asal India itu menggelontorkan uang tak kurang dari GBP 16 juta (Rp 309 miliar) untuk proses akuisisi tersebut.

Sekadar informasi, Norton Motorcycles didirikan oleh James Lansdowne Norton di Birmingham, Inggris, pada 1898. Merek ini sempat berpindah-pindah kepemilikan sampai akhirnya mengalami krisis finansial karena tidak mampu membayar pajak. Sebelum diakusisi TVS, Norton Motorcycles dimiliki oleh Stuart Garner.

Banyak perusahaan yang kemudian berminat menyelamatkan Norton dari kebangkrutan. Namun dikatakan, hanya TVS yang setuju dengan kesepakatan mengakuisisi aset tertentu Norton Motorcycles (UK) Limited, melalui anak perusahaan di luar negeri.

Dengan bergabungnya Norton Motorcycles ke TVS Motor Company, hal ini pun menjadi kabar bagus. Sebab TVS bisa melebarkan sayapnya ke produk-produk motor segmen premium atau menengah atas. Selama ini merek berlogo kuda itu hanya memiliki lini produk motor entry level dan kendaraan niaga.

Sementara bagi Norton Motorcycles, kesepakatan itu membuat merek ikonik ini tetap mempertahankan eksistensinya di industri roda dua. Merek ini juga bisa memperluas jangkauan pasarnya, dengan dukungan pabrik dan jaringan penjualan TVS di mancanegara.

Di India, TVS menjadi salah satu produsen sepeda motor dengan penjualan terbesar. Merek ini juga sudah mengembangkan sayapnya ke sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia. Beberapa model andalannya antara lain Ntorq, Apache, dan kendaraan niaga King.



Simak Video "Duel Motor Kotor 150cc, Yamaha WR 155 Vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com