Rabu, 11 Nov 2020 18:55 WIB

Honda X-ADV Diet, Tenaganya Kini Tambah Besar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda X-ADV Model 2021 Honda X-ADV. (Dok. Honda)
Jakarta -

Honda memperbarui skuter petualang berbadan bongsor, Honda X-ADV. Di Eropa, Honda meluncurkan X-ADV model 2021. Perubahan pada X-ADV tidak hanya kosmetik tetapi X-ADV telah mengalami perubahan menyeluruh. Bahkan berat badan motor ini pun turun.

Honda menyebut, Honda X-ADV lebih ringan 3kg dibanding model sebelumnya. Alhasil, skuter adventure ini lebih efisien dalam penyaluran tenaga dan konsumsi bahan bakar.

Honda X-ADV masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi pertama. Mesin 745 cc dua silinder berpendingin cairan masih menjadi sumber tenaganya. Tapi, power motor ini naik 4 daya kuda. Kini, Honda X-ADV mampu menyemburkan tenaga hingga 57,8 daya kuda pada 6.750 rpm dengan torsi maksimal 69 Nm pada 4.750 rpm.

Mesin Honda X-ADV juga kini telah memenuhi standar Euro 5. Mesin bisa 'teriak' sampai 7.000 rpm dengan revisi intake dan exhaust-nya.

Untuk transmisi, rasio transmisi kopling ganda (DCT) enam percepatan diperbaiki. Mode manual dengan perpindahan gigi melalui tombol telah direvisi untuk meningkatkan akselerasi gigi pertama, kedua, dan ketiga. Sementara rasio atas juga diubah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan rasio gigi keempat, kelima, dan keenam lebih tinggi.

Honda X-ADV Model 2021Honda X-ADV Model 2021 Foto: Dok. Honda

Honda X-ADV dibekali throttle ride by wire, sehingga pengendara dapat memilih salah satu dari lima mode berkendara yakni Standard, Sport, Rain, Gravel dan User. Dalam empat mode pertama, penyaluran tenaga, pengereman mesin, kontrol traksi dan ABS memiliki setting dari pabrikan. Sementara mode User, pengendara dibebaskan mengatur parameter pengendaraan sesuai keinginan mereka dengan kontrol traksi memiliki tiga tingkat dan dapat diganti.

Dari segi desain, Honda X-ADV masih mengusung konsep sebelumnya. Namun, semua panel bodi memberikan citra yang lebih agresif, termasuk lampu depan LED dengan day time running light (DRL) LED juga. Desain jok juga telah diubah untuk memungkinkan pengendara menurunkan kakinya dengan mudah dengan ketinggian jok 820 mm sementara windshield memiliki lima posisi yang dapat disesuaikan secara manual.

Di dalam kokpit, layar TFT-LCD 5 inci berwarna menampilkan semua informasi yang diperlukan pengendara. Modul opsional memungkinkan untuk koneksi dari smartphone dan headset pengendara ke X-ADV. Sistem Honda Smartphone Voice Control bisa mengatur panggilan, email, navigasi dan musik melalui perintah verbal.

Honda X-ADV Model 2021Honda X-ADV Model 2021 Foto: Dok. Honda

Honda X-ADV memiliki rangka baru yang lebih ringan 1 kg dari sebelumnya. Ruang penyimpanan di bawah jok lebih besar dengan kapasitas 22 liter.

Kemudahan berkendara lainnya termasuk smart key, Emergency Stop Signal (ESS) yang mengedipkan lampu hazzard saat pengereman keras dan lampu sein yang bisa mati sendiri setelah berbelok. Bahan bakar dibawa dalam tangki 31,2 liter.

Pelek 17 inci di depan dibalut dengan ban berukuran 120/70. Untuk daya pengereman, Honda X-ADV menggunakan rem dua piringan 296 mm dengan kaliper empat piston di depan. Suspensi upside down 41 mm menjadi andalan Honda X-ADV di bagian depan. Sementara di belakang, pelek 15 inci dibalut ban 160/60, ditambahkan rem cakram 240 mm dengan kaliper piston tungal dan suspensi monoshock.



Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com