Senin, 09 Nov 2020 19:19 WIB

Pilihan Harga Motor Matik Bekas di Bawah Rp 5 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Pedagang melayani calon pembeli sepeda motor bekas di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Rabu (17/6/2020). Pedagang mengaku, sejak tiga bulan terakhir omzet penjualan sepeda motor bekas menurun 10 sampai 15 persen terdampak pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww. Pilihan motor skutik bekas di bawah Rp 5 juta Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS
Jakarta -

Motor matic bekas di bawah Rp 5 juta bisa jadi pertimbangan. Sebab kepraktisan skuter matik ( skutik) jadi keunggulan yang belum bisa disamai oleh jenis motor bebek atau sport.

Motor skutik bekas yang memiliki banderol di bawah Rp 5 juta juga belum ketinggalan zaman. Tapi teknologinya memang berbeda, misal sistem pengabutan motor matik bekas di bawah Rp 5 juta rata-rata masih karburator. Ada banyak pilihan motor matik bekas, dari pabrikan Honda, Suzuki, dan Yamaha. Berikut ini pilihan motor matik bekas di bawah Rp 5 juta.

1. Honda BeAT

Kesuseksan Honda BeAT sudah tak bisa ditampik lagi. Dengan populasi BeAT sudah lebih dari 10 Juta unit beredar di dunia.Motor berkapasitas mesin 110 cc ini paling mudah ditemui di jalanan Indonesia.

Honda BeAT generasi pertama, sekitar tahun 2008 kini bisa ditebus di pasar motor bekas di bawah Rp 5 juta, tergantung kondisi dan dokumen kelengkapan motor. Sementara untuk Honda BeAT tahun 2009-2012 dengan sistem pengabutan karburator dibanderol paling mahal Rp 7,5 juta.

2. Honda Vario

Oke, pilihan motor bekas di bawah Rp 5 juta lainnya ialah Honda Vario 110 cc generasi pertama.

Untuk diketahui Honda Vario meluncur sejak tahun 2006. Motor ini hadir untuk melawan sang rival, yakni Mio. Kelebihan Vario salah satunya memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari Mio. Bermain di kelas 110 cc, skutik ini unggul melalui desain.

Pada generasi pertama, Honda Vario hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin saja, yaitu mesin berkapasitas 108 cc SOHC. Apalagi motor matik bekas ini juga sudah dibekali sistem pendingin cairan.

Di pasar motor bekas, Vario tahun 2006 bisa ditebus di angka Rp 4,3 juta hingga Rp 4,8 juta.

3. Yamaha Xeon

Pilihan motor bekas lainnya yang bisa jadi pertimbangan ialah Yamaha Xeon. Yamaha meluncurkan Xeon untuk melawan Vario dengan kubikasi mesin yang lebih besar, yakni 125 cc. Generasi pertama Xeon masih menggunakan sistem pengabutan karburator. Lalu berapa harganya?

Berdasarkan data yang dikumpulkan detikOto dari situs jual beli OLX.co.id, harga jual Yamaha Xeon generasi pertama bisa dilego mulai dari Rp 4,3 juta.

4. Yamaha Mio

Pelopor motor matik ringkas sudah pasti jatuh ke tangan Yamaha Mio. Motor berkapasitas mesin 110 cc yang pernah populer di zamannya ini kini bisa dilego mulai dari Rp 2,6 juta hingga Rp 4,5 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan dokumen. Itu untuk kisaran tahun 2008, untuk Mio sporty atau mio smile.

5. Suzuki Hayate

Suzuki Hayate, motor yang menggunakan pemain sepakbola Irfan Bachdim sebagai brand ambassadornya. Mesin masih menggunakan 125 cc yang sama dengan yang digunakan Skywave.

Menyoal harga bila melirik situs jual beli online, motor ini dibanderol mulai dari Rp 3,9 juta hingga Rp 5,5 juta untuk tahun 2011.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com