Minggu, 08 Nov 2020 12:32 WIB

Stasiun Pengisian Daya Motor Listrik Bakal Pakai Panel Surya

Tim detikcom - detikOto
Baterai Motor Listrik Gesits Ilustrasi pengisian baterai motor listrik. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kendaraan listrik membutuhkan dukungan infrastruktur. Dengan adanya infrastruktur pengisian daya baterai, pengguna motor listrik menjadi lebih tenang. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk mengisi ulang daya listrik.

Kepala Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya Aan Eddy Antana mengatakan, instansi yang dipimpinnya telah melakukan beberapa penelitian terkait sepeda motor listrik, salah satunya stasiun pengisian baterai kendaraan listrik.

Rencananya, stasiun pengisian ulang daya motor listrik akan didukung panel surya. Daya untuk pengisian baterai sepeda motor listrik didapat dari panel surya yang digabungkan dengan sumber tegangan dari grid Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Nantinya, stasiun pengisian baterai sepeda motor listrik dilengkapi dengan web box untuk keperluan komunikasi data agar pemilik stasiun dapat memonitor secara real time dan panel interface untuk keperluan billing (struk penagihan) pelanggan," kata Aan dalam siaran pers Kementerian Perindustrian.

Penggunaan sepeda motor listrik diharapkan memberikan beberapa nilai positif. "Misalnya dari sudut pandang energi, penggunaan kendaraan listrik juga ramah lingkungan dan efisien serta menawarkan alternatif bahan bakar untuk memperkuat ketahanan energi. Dari sudut pandang transportasi, kendaraan listrik memungkinkan sistem transportasi cerdas yang akan meningkatkan utilitas dan keamanan jalan," paparnya.

Aan menambahkan, berkaitan dengan stasiun pengisian baterai sepeda motor listrik, Baristand Surabaya juga akan mengupayakan kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sehingga dapat terpasang pada tempat-tempat strategis di daerah tersebut. "Kami berharap stasiun pengisian sepeda motor listrik ini ke depan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum," sebutnya.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com