Rabu, 04 Nov 2020 10:52 WIB

Khawatir Dibegal Saat Gowes? Driver Ojol Siap Mengawal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kasus begal pesepeda saat ini sedang marak di Jakarta. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) pun disiagakan di jalur khusus sepeda Jalan Sudirman. Marak begal pesepeda, kini ada jasa pengawalannya. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Akhir-akhir ini ramai kasus pembegalan pesepeda. Banyak pesepeda yang sedang asik-asik gowes dijambret sampai dirampas barang berharganya. Tindak kejahatan ini tentu menimbulkan kekhawatiran pesepeda yang ingin berolahraga.

Kini, ada jasa pengawalan pesepeda agar tidak terjadi tindak kejahatan seperti begal sepeda. Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) yang merupakan asosiasi driver ojek online menyediakan jasa pengawalan tersebut.

"Bisa hubungi call center Garda, kami sediakan jasa pengamanan pengawalan bagi para pesepeda dengan menggunakan sepeda motor sesuai kebutuhan," kata Igun Wicaksono, Ketua Presidium Nasional Garda, kepada detikcom, Rabu (4/11/2020).

Menurut Igun, jasa pengawalan pesepeda itu bisa dilakukan oleh driver ojek online (ojol) khusus yang ditunjuk. Satu paket pengawalan terdiri atas tiga orang dengan dua unit sepeda motor yang akan mengawal komunitas sepeda, siang atau malam hari.

Aksi begal terhadap pesepeda di Jakarta tengah marak. Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI Jakarta menambah kamera CCTV di jalan-jalan Ibu Kota.Aksi begal terhadap pesepeda di Jakarta tengah marak. Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI Jakarta menambah kamera CCTV di jalan-jalan Ibu Kota. Foto: Rifkianto Nugroho

"Tentunya sepeda yang dapat kami kawal rutenya wajib melalui rute yang dapat dilalui sepeda motor sesuai aturan UU lalu lintas," sebut Igun.

"Dengan jaringan ojol yang banyak dan siap turut membantu apabila ada permasalahan kriminalitas di jalan yang mengancam para pesepeda, kami optimis jasa Garda pengawalan sepeda akan banyak dibutuhkan komunitas-komunitas sepeda maupun eksklusif pesepeda individu yang butuh rasa aman," katanya.

Adapun pengawal pesepeda yang ditunjuk adalah driver ojol yang punya pengalaman pengamanan atau mereka yang terlatih. "(Pesepeda akan dikawal oleh) driver ojol pilihan ex-security atau yang terlatih dalam jasa pengamanan," ujar Igun.



Simak Video "2 Begal Kolonel Marinir di Jakpus Dibekuk, Kini Polisi Buru 2 Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com