Rabu, 04 Nov 2020 08:10 WIB

Baterai Motor Listrik Habis Tinggal Tukar Baru, Ini Lokasinya

Tim detikcom - detikOto
Realisasi peralihan kendaraan BBM ke listrik bakal terealisasikan. Kementerian ESDM kini melakukan uji coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Baterai motor listrik habis tinggal tukar dengan yang sudah terisi penuh. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Era kendaraan listrik mulai masuk Indonesia. Berbagai kemudahan penggunaan kendaraan listrik sudah disediakan. Salah satunya adalah fasilitas penukaran baterai atau battery swap.

Konsep battery swap ini sama seperti kita membeli air minum kemasan galon atau gas elpiji. Ketika baterai sudah habis, Anda bisa menukar baterai yang habis tersebut dengan baterai baru yang sudah terisi penuh.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah meluncurkan Operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Saat ini, ada tiga SPBKLU yang melayani penukaran baterai kendaraan listrik. Di antaranya ada di Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika.

Arifin berharap SPBKLU dapat menjadi solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Arifin juga menjelaskan bahwa pengisian ulang baterai pada kendaraan bermotor listrik akan lebih cepat dilakukan dengan bantuan SPBKLU.

Grab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar BaruGrab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar Baru Foto: Dok. Grab Indonesia

"Diharapkan SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi," ujar Arifin dalam keterangan tertulisnya.

"Kami berharap mekanisme SPBKLU ini dapat dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan roadmap yang sudah direncanakan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas."

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menyebutkan, saat ini sudah tersedia sembilan titik lokasi SPBKLU. Enam Unit SPBKLU berada di Kota Jakarta Selatan, satu Unit SPBKLU di Kota Tangerang, dan dua Unit SPBKLU di Kota Tangerang Selatan.

"Sesuai dengan roadmap SPBKLU, pada tahun 2025 nanti ditargetkan akan tersedia 10.000 unit SPBKLU dan pada tahun 2030 akan dibangun 15.625 unit SPBKLU," ucap Rida.

Realisasi peralihan kendaraan BBM ke listrik bakal terealisasikan. Kementerian ESDM kini melakukan uji coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).Realisasi peralihan kendaraan BBM ke listrik bakal terealisasikan. Kementerian ESDM kini melakukan uji coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Foto: Grandyos Zafna

Rida mengatakan, operasional SPBKLU ini merupakan komitmen Kementerian ESDM dalam mendukung program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019.

Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres tersebut, Kementerian ESDM mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. SPBKLU merupakan salah satu yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM tersebut.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com