Rabu, 21 Okt 2020 19:50 WIB

Kawasaki Versys 1000 S Meluncur, Dapat Upgrade Besar

M Luthfi Andika - detikOto
Kawasaki Versys 1000 s Kawasaki Versys 1000 s (ist)
Jakarta -

Kawasaki meluncurkan Versys 1000 terbaru untuk pasar Eropa. Terdiri dari tiga varian, motor ini dapat upgrade besar dengan fitur-fitur unggulan.

Kawasaki Versys 1000 ini merupakan pembaruan dari versi yang sudah jadi favorit di Eropa belakangan ini. Jika Kawasaki hanya memberikan perubahan warna pada motor yang lain, untuk Versys 1000 mereka menambahkan perubahan yang terbilang signifikan.

Itu bisa dilihat pada Versys 1000 versi standar yang dapat kenaikan spek dan namanya berubah menjadi Versys 1000 S. Sementara Versys 1000 SE kini dibekali dengan suspensi Showa Skyhook.

Jangan salah, Versys 1000 versi tahun ini sebenarnya sudah punya suspensi yang mumpuni yakni Kawasaki's Electronic Control Suspension (KECS). Sistem ini memungkinkan pengendara melakukan penyetelan suspensi secara digital dengan mudah meski tengah melaju. Itu membuat KECS menjadi sangat nyaman digunakan meski harus berkendara di kondisi jalan yang berbeda.

Sementara untuk Versys 1000 SE, KECS disandingkan dengan Showa Skyhook EERA (Electronically Equipped Ride Adjustment). Ini merupakan perangkat lunak di mana sistemnya akan bisa melakukan mapping ulang terhadap algoritma suspensi yang ada. Alhasil bisa meningkatkan lagi performa suspensi, yang pada akhirnya bisa memberikan kenyamanan berkendara.

[Gambas:Youtube]

Kunci kerja Showa Skyhook EERA adalah kemampuannya untuk terus menerus beradaptasi dengan permukaan jalan yang sedang dilintasi secara real time untuk kemudian melakukan penyesuaian demi mendapatkan handling terbaik. Demikian dikutip dari MCN dan autoevolution.

Disebutkan kalau Versys tipe S akan mendapatkan kemewahan dan vitur yang sama dengan SE. Seperti garpu suspensi depan dan belakang Showa, meski ada perbedaan pada perangkat pendukung. Fitur lainnya adalah konektivitas smartphone, grip dengan pemanas, cruise control, Kawasaki Traction Control, lampu cornering auxiliary, pilihan mode berkendara, dan suick shifter.

Soal ketangguhan motor ini masih menggunakan mesin 1043cc 16-katup empat silinder segaris dengan tenaga118 bhp. Versys 1000 S dan Versys 1000 SE tersedia dalam tipe Tourer dan Grand Tourer spec. Versi Tourer mendapatkan panniers, sementara tipe GT mendapat tambahan topbox, fog lights, braket GPS dan frame sliders.

Kawasaki Versys SE ini akan ditawarkan dalam bentuk Tourer dan Grand Tourer, dengan banderol 15.699 (sekitar Rp 300,8 juta) dan 16.699 poundsterling (sekitar Rp 320 juta). Unitnya bakal tersedia mulai Desember 2020.



Simak Video "Dibuat 'Orgasme' oleh Raungan Kawasaki ZX25R"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com