Rabu, 07 Okt 2020 09:43 WIB

Kawasaki Sukses Uji Coba Helikopter Bermesin Ninja H2R, Tonton Videonya

Luthfi Anshori - detikOto
Helikopter Kawasaki bermesin Ninja H2R Helikopter Kawasaki bermesin Ninja H2R. Foto: Response
Hokkaido -

Kawasaki sukses melakukan uji coba produk helikopter terbaru mereka. Menariknya, helikopter tanpa awak tersebut menggunakan jantung pacu moge Ninja H2R.

Kawasaki tidak hanya dikenal sebagai produsen sepeda motor. Pabrikan yang identik dengan warna hijau ini juga memproduksi sejumlah kendaraan berat melalui anak perusahaan, Kawasaki Heavy Industries, Ltd.

Helikopter Kawasaki bermesin Ninja H2RHelikopter Kawasaki bermesin Ninja H2R Foto: Response

Pada tanggal 6 Oktober 2020, Kawasaki Heavy Industries, mengumumkan keberhasilan mereka dalam uji terbang helikopter tak berawak 'K-Racer' di Taikicho Multipurpose Aviation Park di Hokkaido, Jepang.

Mesin yang digunakan helikopter tersebut memiliki bentuk khusus, dengan rotor utama berdiameter 4 m. Mesin uji dikembangkan oleh Perusahaan Sistem Dirgantara, tetapi sumber tenaganya adalah mesin supercharged dari sepeda motor Kawasaki Ninja H2R. Mesin itu berkapasitas 998cc, DOHC, 16 katup, yang bisa memuntahkan tenaga maksimal 310 dk pada 14.000 rpm dan torsi puncak 165 Nm di 12.500 rpm.

Helikopter K-Racer memiliki sayap utama dan baling-baling yang menggantikan rotor ekor di sisi kiri dan kanan. Baling-baling kiri dan kanan menghasilkan gaya dorong ke depan.

Sementara sayap utama berfungsi menghasilkan gaya angkat, sekaligus mengurangi beban pada rotor utama, sehingga memungkinkan penerbangan dengan kecepatan tinggi, yang tidak dapat dicapai dengan helikopter konvensional.

Helikopter Kawasaki itu diuji tanpa menggunakan awak dan dikendalikan secara otonom. Perusahaan bakal memanfaatkan hasil yang diperoleh dalam pengujian ini untuk pengembangan pesawat VTOL (vertical takeoff and landing aircraft) dan sistem operasi pesawat yang terhubung dengan berbagai layanan.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Dibuat 'Orgasme' oleh Raungan Kawasaki ZX25R"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com