Senin, 21 Sep 2020 15:11 WIB

Suzuki Bakal Bikin Motor Sport Adventure 160 cc

Luthfi Anshori - detikOto
Suzuki kembangkan V-Strom bermesin 160 cc Suzuki kembangkan V-Strom bermesin 160 cc. Foto: Istimewa
Jakarta -

Suzuki dikabarkan sedang mengembangkan motor sport adventure dengan kapasitas mesin kecil. Menggunakan mesin 160 cc, motor ini diyakini bakal menggunakan label V-Strom 160. Berikut bocorannya.

Seri Suzuki V-Strom merupakan salah satu model motor petualang yang cukup populer di pasaran. V-Strom versi global yang dijual saat ini hanya punya dua pilihan kapasitas mesin, 650cc dan 1.037 cc. Namun, ada juga V-Strom 250 yang dijual di Australia, Asia, dan beberapa negara Eropa.

Dikutip dari Rideapart, saat ini Suzuki sedang mendalami segmen motor petualangan, motor baru ini diyakini memiliki mesin 160cc. Mengusung gaya adventure, kemungkinan besar motor ini memang akan menyandang nama V-Strom.

Dari sisi desain, Suzuki V-Strom 160 bakal menampilkan bentuk yang sangat mirip dengan kakak-kakaknya yang punya mesin lebih besar. Bocoran lainnya, di sistem pengereman akan mengadopsi rem cakram tunggal, windshield tinggi, dan tangki bensin yang berotot.

Dan jika motor ini dipasarkan untuk global, harapannya dilengkapi dengan sistem rem ABS, dan suspensi yang bisa disetel.

Bagaimana dengan mesinnya? Suzuki sudah menjalin kemitraan dengan pabrikan China, Haojue. Dan baru-baru ini Haojue telah meluncurkan naked bike DR300 yang akan berbagi platform dengan GSX-S300.

Langkah serupa juga bisa diaplikasikan pada V-Strom 160. Baby V-Strom bisa menggunakan basis mesin Haojue DR160S. Mesin itu memiliki konfigurasi 162 cc, satu silinder, berpendingin cairan, injeksi, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 15 dk dan torsi 13,5 Nm.

Dengan kapasitas mesin dan tenaga yang lebih kecil, Suzuki V-Strom cocok dipasarkan di negara-negara Asia. Suzuki V-Strom juga bisa dipasarkan di Eropa untuk opsi bagi pemula.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com