Minggu, 30 Agu 2020 09:26 WIB

Naked Bike Baru Aprilia Punya Tenaga 218 dk, Bobot Cuma 166 kg

Luthfi Anshori - detikOto
Aprilia Tuono V4 X Aprilia Tuono V4 X. Foto: Aprilia
Jakarta -

Aprilia memperkenalkan lini motor sport terbaru Tuono V4 X. Dijual dalam edisi terbatas, hyper-naked bike ini dikhususkan untuk penggunaan di sirkuit balap. Aprilia Tuono V4 X memiliki output tenaga maksimum hingga 218 dk.

Tuono V4 X dikembangkan oleh Aprilia Racing. Motor ini merupakan versi naked dari model RSV4 X. Aprilia Tuono V4 X dijual untuk umum dan terbatas hanya 10 unit.

Aprilia Tuono V4 X dibekali mesin 1.077cc dari mesin V4 turunan RSV4 1100, yang bisa menghasilkan tenaga puncak hingga 218 dk (on crank). Dengan tenaga sebesar itu, motor ini hanya memiliki bobot kering sekitar 166 kg.

Aprilia Tuono V4 XAprilia Tuono V4 X Foto: Aprilia Tuono V4 X

Mengapa Tuono V4 X bisa seringan itu? Serat karbon adalah jawabannya. Motor ini banyak menggunakan komponen ringan tapi kuat itu di banyak tempat. Mulai fairing depan, spakbor, hingga mud guard belakang. Tak hanya itu, komponen tangki pun diklaim terbuat dari bahan yang lebih ringan. Dibandingkan versi street legal-nya, Tuono V4 X lebih ringan 18 kg.

Melengkapi tenaga besar dan bobot yang ringan, Aprilia Tuono V4 X juga dilengkapi sejumlah part pendongkrak performa, seperti knalpot full titanium dari Akrapovic, serta spring air filter, dan sistem elektronik yang disetel untuk balap.

Aspek pengereman pun tak kalah hebatnya. Terdapat satu set kaliper Brembo GP4-MS, yang dikawinkan dengan cakram Brembo T-Drive dan silinder master Brembo 19 x 16 mm. Perangkat rem tersebut cukup mumpuni menghentikan laju roda yang menggunakan pelek magnesium, Marchesini, yang dikombinasi ban slick Pirelli Superbike.

Aprilia Tuono V4 XAprilia Tuono V4 X Foto: Aprilia Tuono V4 X

Menyesuaikan penggunaan di sirkuit, motor ini dibekali berbagai tombol balap yang dipasang di bagian setang. Selain itu, suspensinya sudah menggunakan elektronik semi-aktif Öhlins dan juga dilengkapi fitur quickshifter up/down.

Bicara livery dan grafis, Aprilia menyematkan livery klasik 'Bol d'Or', yang pernah digunakan dalam balapan ketahanan tahun 2006, di Aprilia RSV1000R.

Aprilia Tuono V4 X dibanderol mulai € 34.900 atau setara Rp 603,9 juta.



Simak Video "Ivan Gunawan Ungkap Kedekatannya dengan Miss Intercontinental Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com