Jumat, 14 Agu 2020 07:14 WIB

Pernah Lihat Swing Arm Fleksibel? BMW Bakal Punya Nih

M Luthfi Andika - detikOto
Swing Arm fleksibel BMW Motorrad Swing Arm Fleksibel ala BMW Motorrad Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Teknologi sepeda motor akan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Bahkan jika biasanya motor memiliki swing arm yang solid agar lebih stabil, BMW Motorrad memperkenalkan teknologi terbaru dengan melahirkan swing arm yang fleksibel.

Fleksibel di sini dijelaskan, swing arm BMW akan dibangun berbahan karbon yang tidak memerlukan poros, peredam kejut atau pegas, dan ini sudah dipatenkan BMW Motorrad. Seperti dikutip visordown.

Sepeda motor 'biasa' mengandalkan rangka yang menahan mesin dan pengendara. Yang 'diikat' ke sana adalah komponen suspensi, seperti garpu di depan yang terhubung langsung ke roda depan serta suspensi ke lengan ayun atau swing arm di belakang.

Lengan ayun dipasang ke roda belakang dan berputar pada titik di mana ia dipasang ke rangka utama atau mesin. Di suatu tempat di sepanjang lengan ayun, shock breaker akan dipasang untuk membantu menjaga roda belakang tetap menyentuh tanah saat sepeda melewati gundukan.

BMW Motorrad melihat hal tersebut terlalu rumit, akhirnya inovasi swing arm coba dikembangkan dan dipatenkan. Dengan desain baru yang terbuat dari serat karbon, dijadikan terintegrasi dengan rangka motor yang juga terbuat dari serat karbon.

Sistemnya bekerja dengan cara yang mirip dengan pegas daun pada mobil klasik, pegas fleksibel di satu sumbu tetapi kaku dan tahan terhadap pergerakan dari sumbu lain. Dalam hal ini, karbon di lengan ayun akan diletakkan sedemikian rupa sehingga menekuk secara vertikal tetapi tidak menyamping.

Bagaimana detikers keren banget, kan?



Simak Video "Viral Konvoi Moge di Tangsel Terobos Lampu Merah dan Dikawal"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com