Kamis, 13 Agu 2020 08:06 WIB

Tak Cuma Mobil Listrik, Grab Kerahkan Motor Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Listrik Grab Armada motor listrik Grab. Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Perusahaan aplikasi transportasi online, Grab, kini mulai bergerak menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Setelah sebelumnya Grab menghadirkan armada mobil listrik, kini perusahaan itu memperkenalkan moda transportasi motor listrik.

Armada GrabBike motor listrik ini menggunakan motor listrik Viar. Setidaknya ada 50 unit motor listrik Viar yang disiapkan Grab untuk digunakan para mitranya.

"Hadirnya GrabBike Elektrik merupakan upaya Grab Indonesia untuk mendukung usaha pemerintah dalam mencapai Indonesia 4.0 serta bagian dari inisiatif #LangkahHijau untuk mewujudkan ekosistem transportasi yang lebih hijau dan meningkatkan pendapatan Mitra Pengemudi," tulis Grab dalam siaran pers yang diterima detikcom.

"Setelah berhasil meluncurkan GrabCar Elektrik Powered by Hyundai awal tahun ini, kami sangat senang memperkenalkan GrabBike Elektrik powered by GrabWheels. Hal ini merupakan bentuk nyata komitmen Grab untuk terus mendukung usaha pemerintah dalam mewujudkan Indonesia 4.0 melalui ekosistem kendaraan listrik. Sejalan dengan inisiatif #LangkahHijau hadirnya 50 unit kendaraan listrik GrabBike Elektrik di DKI Jakarta sebagai tahap awal diharapkan dapat menjadi sebuah solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan di Indonesia," ujar President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Motor Listrik GrabMotor Listrik Grab Foto: Dok. Grab Indonesia

Armada motor listrik Grab diluncurkan di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam peluncurannya itu, armada motor listrik Grab digunakan oleh mitra pengantar GrabFood.

Hadirnya armada motor listrik Grab ini merupakan bentuk kerja sama Grab dengan PT Triangle Motorindo (VIAR) yang telah beroperasi sejak Juni 2020.

Sekadar diketahui, motor listrik yang digunakan ini adalah Viar Q1. Motor listrik ini dibekali baterai lithium-ion (60v20AH) dengan pengisian daya listrik memakan waktu 5 hingga 7 jam. Motor ini bisa membawa dua unit baterai sekaligus yang masing-masing baterainya mampu menempuh jarak hingga 60 km/jam. Kecepatan maskimalnya mencapai 60 km/jam. Keunggulan lain dari motor listrik adalah perawatan yang mudah dan biaya operasional per kilometer yangg lebih murah dibanding sepeda motor konvensional berbahan bakar bensin.



Simak Video "Dukung Digitalisasi UMKM, Grab Luncurkan #TerusUsaha"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com