Jumat, 07 Agu 2020 11:17 WIB

Yamaha Siapkan Motor Trail Bertenaga Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Yamaha siapkan motor trail bertenaga listrik Motor listrik Yamaha. Foto: Visordown
Jakarta -

Motor offroad adalah segmen yang mulai serius digarap Yamaha. Pabrikan berlambang garpu tala ini bahkan sedang menyiapkan motor trail bertenaga listrik untuk menambah jajaran produknya.

Kabar tersebut muncul beberapa hari setelah Yamaha mengumumkan bahwa mereka sudah menerima pesanan drivetrain listrik yang dikembangkannya. Seperti diketahui Yamaha diam-diam mengembangkan penggerak listrik yang dapat digunakan pada motor maupun mobil.

Kembali pada motor listrik barunya, Yamaha rencananya akan bekerjasama dengan perusahaan Belanda bernama Dohms Spike Technologies. Dalam kerjasama ini Yamaha memiliki andil untuk menyiapkan sasis dan beberapa pengetahuan untuk drivetrain, baterai, dan kontrol. Motor baru ini juga mendapat masukan dari asosiasi pengendara sepeda motor Belanda, KNMV.

Kemungkinan motor trail listrik ini setara dengan motor 250cc saat ini. Jika motor ini menggunakan basis dari YZ250F berarti akan menghasilkan sekitar 40bhp tetapi memiliki torsi yang jauh lebih besar.

Memiliki tenaga listrik membuat motor sekelas 250 cc bisa memiliki torsi motor 450 cc meski untuk bagian tenaga masih sama. Tetap saja ini akan menjadi lawan serius bagi motor trail 250 cc yang masih mengandalkan bensin sebagai bahan bakar utamanya.

Sepeda motorcross listrik adalah penempatan yang menarik, tidak seperti motor listrik harian yang sangat bergantung pada jarak tempuh dan waktu pengisian. Motor seperti ini murni hanya untuk kesenangan atau balapan di tempat kotor. Oleh karena itu motor kemungkinan akan menggunakan baterai kecil untuk menjaga bobot keseluruhan tetap ringan.

Selain motor trail listrik ini, Yamaha santer dikabarkan mengembangkan berbagai jenis produk elektrifikasinya. Meski belum ada yang sampai ke tahap rencana keluar dari jalur produksi dalam waktu dekat, teknologi-teknologi elektrifikasi yang sedang dikembangkan ini cukup inovatif.

Sebelumnya Yamaha juga menyiapkan konsep motor 3 roda hybrid. motor konsep Hybrid Yamaha ini dikatakan sebagai bentuk pengembangan motor konsep yang sudah diperkenalkan Yamaha pada ajang Tokyo Motor Show 2019 kemarin, yang disapa MW-Vision.



Simak Video "Melihat Ketangguhan Yamaha MT-07 dan MT-09 Seharga Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com