Rabu, 22 Jul 2020 15:24 WIB

Jurus Honda Hadang Laju Kawasaki Ninja ZX-25R

Luthfi Anshori - detikOto
Honda CBR250RR versi 2020 Honda CBR250RR. Foto: Young Machine
Jakarta -

Kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R telah menciptakan standar baru di segmen motor sport 250 cc. Honda CBR250RR yang semula superior di kelas ini, mau tidak mau harus menyerahkan predikat tersebut ke Ninja bermesin 4 silinder itu. Tapi Honda tidak lantas diam. Pabrikan ini telah menyiapkan resep untuk menghadang laju Ninja ZX-25R.

Dikutip dari Young Machine dan Moto Saigon dan, Honda akan menyegarkan Honda CBR250RR 2020 dengan penambahan fitur dan teknologi terkini. Ada 3 fitur yang akan disiapkan Honda, antara lain Smart Key, Quick Shifter, dan juga Slipper Clutch.

Fitur Smart Key akan meningkatkan keamanan Honda CBR250RR dari tindak pencurian. Fitur yang juga disebut keyless ini sudah jamak digunakan pada produk skutik Honda, seperti PCX dan Vario 150. Sementara di segmen motor sport, fitur ini bisa ditemukan di Suzuki GSX-R150 dan Kawasaki Ninja 250 FI.

Kemudian untuk Quick Shifter, merupakan teknologi yang memungkinkan pengendara motor mengganti posisi gigi (dari gigi satu atau lebih) tanpa harus menarik tuas kopling. Teknologi ini jamak digunakan pada motor-motor berkapasitas mesin besar, termasuk juga digunakan di motor-motor yang berlaga di kompetisi balap. Ninja ZX-25R juga sudah memiliki fitur Quick Shifter, yang bisa dioperasikan untuk menaikkan atau menurunkan gigi.

Lanjut untuk Slipper Clutch, adalah fitur yang meminimalisasi hentakan mesin saat dilakukan engine brake. Motor yang memiliki fitur Slipper Clutch akan mengalami hentakan yang lebih halus saat harus mengurangi kecepatan secara tiba-tiba.

Selain penambahan ketiga fitur tersebut, memang belum ada informasi apakah Honda juga akan memperbarui mesin CBR250RR dengan konfigurasi mesin 4 silinder. Kendati demikian, dengan paket tambahan Quick Shifter dan Slipper Clutch, Honda CBR250RR diyakini akan mendapat kenaikan tenaga 3 dk menjadi 40 dk.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com