Kamis, 16 Jul 2020 10:54 WIB

Kawasaki Antisipasi Makelar yang Jual ZX-25R Lebih Mahal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kawasaki Ninja ZX-25R Kawasaki Ninja ZX-25R. (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Pekan kemarin PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R. Motor Ninja 250 cc dengan mesin 4 silinder itu langsung diserbu konsumennya.

Setelah meluncurkannya, Kawasaki membuka pre-order selama 2 hari. Konsumen yang melakukan booking dijanjikan mendapat unitnya paling tidak Agustus 2020 mendatang.

Namun, Kawasaki menyayangkan ada pihak yang menjual kembali Kawasaki Ninja ZX-25R dengan harga lebih tinggi. Di Facebook, ada yang menawarkan Kawasaki Ninja ZX-25R yang di-booking-nya dengan harga Rp 135 juta. Padahal, Ninja ZX-25R harga resminya hanya Rp 112,9 juta on the road Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang) untuk tipe ABS SE dan Rp 96 juta untuk tipe standar.

"Kita sayangkan sekali. Kita nggak mau hal itu terjadi. Karena kan kita kan mau customer satisfaction. Kalau ini kan jadi susah," kata Head Sales & Promotion Dept. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael C. Tanadhi, saat ditemui saat uji coba Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

Menurut Michael, Kawasaki menyiapkan langkah jitu untuk mengantisipasi makelar yang menjual kembali Kawasaki Ninja ZX-25R dengan harga lebih tinggi. Konsumen yang telah membayar booking fee sebesar Rp 5 juta tak bisa mencairkan kembali uangnya.

"Booking fee udah nggak bisa balik ke konsumen, kalau mereka bilang kelamaan atau apa kita nggak bisa balikin," ujar Michael.

Kedua, nantinya saat pengambilan unit Kawasaki Ninja ZX-25R akan ada pengecekan identitas yang lebih ketat. Identitas harus sesuai orangnya dan harus sesuai faktur.

"Kalau mau ganti nama orang lain bisa, tapi harus satu KK. Misalnya yang datang bapaknya, beli untuk anaknya itu masih bisa, asalkan satu KK. Atau mau pakai nama istrinya, bisa itu. Kita lagi cari-cari lagi cara pencegahannya," tegas Michael.

Sebelumnya, menurut Michael konsumen yang melakukan pre-order cukup tinggi. Kuota sebanyak 200 unit Kawasaki Ninja ZX-25R pun ludes dalam waktu singkat. Bahkan antrean yang ingin melakukan pre-order Kawasaki Ninja ZX-25R dimulai sejak pukul 2 dini hari.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com