Jumat, 03 Jul 2020 17:21 WIB

Max Biaggi Bakal Ngebut Lebih dari 321 km/jam Pakai Motor Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Voxan Motors Wattman Electric Voxan Motors Wattman Electric. Foto: Voxan
Jakarta -

Legenda MotoGP dan WSBK, Max Biaggi, ingin menambah rekor kecepatan berkendara di catatan pribadinya. Biaggi menargetkan ngebut lebih dari 200 mph (321 km/jam) menggunakan sepeda motor listrik.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, Biaggi bekerja sama dengan produsen sepeda motor listrik asal Prancis, Voxan Motors Wattman Electric Motorcycle.

Dikutip dari Visor Down, Voxan telah membuat motor khusus untuk pemecahan rekor Biaggi. Motor listrik ini menggunakan rangka tubular, suspensi depan double wishbone, dikombinasi swingarm tunggal.

Motor listrik Voxan menggunakan baterai lithium-ion 15 kWh. Baterai ini memiliki bobot hingga 140 kg atau hampir separuh dari berat keseluruhan 300 kg. Motor listrik ini diklaim bisa menghasilkan tenaga puncak 367 dk dan torsi 970 Nm.

Menariknya lagi, motor listrik Voxan tidak menggunakan rem depan. Hilangnya rem depan diyakini akan meningkatkan aerodinamika sekaligus membantu menghindari ketidakstabilan ketika rem depan digunakan pada kecepatan sangat tinggi.

Untuk menjamin pemecahan rekor itu berjalan sempurna tanpa kendala, motor listrik Voxan menggunakan ban Michelin Pilot RS yang diuji hingga kecepatan hingga 217 mph.

Pemecahan rekor Max Biaggi bersama Voxan rencananya akan dilakukan bulan Juli di dataran garam Salar de Uyuni, Bolivia. Namun lantaran terjadi pandemi virus Corona, rencana ini pun ditangguhkan.

Tim ini bertujuan mencapai kecepatan tertinggi setidaknya 330 km/jam (205 mph) dan sekaligus memecahkan rekor sebelumnya 327 km/jam (203,1 mph) yang ditorehkan pada 2019 oleh pebalap Jepang, Ryuji Tsuruta, bersama motor listrik Motibec.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com