Kamis, 18 Jun 2020 13:54 WIB

Duh, Kejahatan Meningkat di New Normal, Polisi Minta Pemotor Pakai Kunci Tambahan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Pencurian Moto Ilustrasi pencurian sepeda motor. (Edi Wahyono/detikOto)
Jakarta -

Polri melaporkan angka kriminalitas meningkat saat transisi menuju new normal. Untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Polri mengimbau kepada pemilik kendaraan agar tetap menjaga kendaraan bermotornya.

"Tentunya masyarakat harus mulai berhati-hati jika menggunakan perhiasan, kendaraan bermotor saat melewati jalan yang sepi di malam hari dan kurang penerangan serta saat meninggalkan kendaraan atau rumah harus pastikan betul-betul terkunci, khususnya roda dua untuk diberikan kunci extra," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono seperti dikutip laman Humas Polri.

Menurutnya, aksi kejahatan meningkat karena dengan meningkatkan aktivitas masyarakat. Awi mengatakan masyarakat diminta untuk tetap waspada mengingat aktivitas kini berangsur mulai normal. Masyarakat diharapkan juga tidak menggunakan barang yang dapat memancing para pelaku kejahatan.

Awi mengungkapkan bahwa angka kriminalitas di masa transisi new normal mengalami peningkatan pada akhir bulan Mei sampai bulan Juni ini. Meningkatnya angka kriminalitas ini disebut karena aktivitas masyarakat yang berangsur mulai normal.

"Sesuai data yang ada pada Minggu 23 ke Minggu 24 mengalami kenaikan yang dipengaruhi oleh masa transisi menuju new normal. Aktivitas masyarakat meningkat untuk bekerja dan keluar rumah yang menjadikan penyebab kenaikan angka kriminalitas," ungkapnya.

Awi menyebutkan, angka kejahatan pencurian dengan pemberatan pada minggu ke-23 sebanyak 411 kasus. Pada minggu ke-24 terjadi 693 kasus, mengalami kenaikan 282 kasus atau 68%.

Adapun jenis kejahatan yang meningkat yakni pencurian dengan pemberatan seperti aksi begal. Awi menduga para pelaku memanfaatkan moment dimana masyarakat mulai kembali beraktivitas di masa transisi new normal.

"Jenis kejahatan yang paling tinggi terjadi yaitu pencurian dengan pemberatan seperti jambret dan begal," jelasnya.

Dia menyebut, Polri akan memberikan perhatian lebih menilik kenaikan angka kriminalitas dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya dengan melakukan pencegahan melalui patroli rutin.

"Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi kepolisian untuk memberikan kegiatan pencegahan seperti patroli, menurunkan anggota untuk melakukan pengawasan dan monitoring di daerah rawan penyebaran," ujarnya.



Simak Video "Detik-detik Maling Motor Beraksi di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com