Jumat, 22 Mei 2020 15:34 WIB

Bikin 'Truk Terbang', Kawasaki Gabungkan 3 Mesin Ninja ZX-10R

Luthfi Anshori - detikOto
Truk terbang Kawasaki Prototipe truk terbang Kawasaki.(Foto: Response)
Jakarta -

Kawasaki sedang mengembangkan teknologi drone yang ia sebut sebagai 'truk terbang'. Truk terbang ini dirakit menggunakan 3 mesin sportbike Ninja ZX-10R.

Pada 18 Mei 2020, Kawasaki Heavy Industries, Ltd. mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji levitasi (layang) prototipe drone besar yang disebut truk terbang.

Dikutip dari Response, prototipe drone berskala besar ini memiliki ukuran panjang total 7 m, lebar total 5 m, dan tinggi keseluruhan 2 m. Truk terbang ini menggunakan total delapan baling-baling bertenaga listrik yang dihasilkan dari tiga mesin sepeda motor berperforma tinggi Ninja ZX-10R.

Sebagai informasi, mesin Kawasaki Ninja ZX-10R punya spesifikasi 998cc, 4 silinder, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 203 PS pada 13.500 rpm dan torsi puncak 114,9 Nm pada 11.200 rpm.

Karena daya yang diperlukan untuk menggerakkan motor dihasilkan oleh mesin, maka drone ini bisa terbang untuk waktu yang lama dengan output tenaga yang besar. Tidak seperti drone bertenaga baterai, yang umumnya punya keterbatasan urusan kemampuan waktu lama terbang.

Truk terbang nantinya bakal digunakan untuk transportasi jarak menengah dan jarak pendek. Dengan bentuk yang besar dan kemampuan jelajah yang lama, drone ini bisa digunakan untuk tugas pengiriman barang.

Mesin pengujian dikembangkan oleh Motor & Engine Company bekerja sama dengan Aerospace Systems Company, dan Lembaga Pengembangan Teknologi untuk meneliti kelayakan sistem hybrid, mulai dari pemeriksaan konsep badan pesawat, hingga proses desain dan produksi.



Simak Video "WHO Teliti Gejala Mirip Sindrom Kawasaki pada Anak Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com