Kamis, 27 Feb 2020 17:18 WIB

Filipina Produksi Honda BeAT Sendiri, Ekspor AHM Terancam?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Warna Baru Honda BeAT Honda BeAT produksi Indonesia sebelumnya diekspor ke Filipina. Tapi Honda Filipina ingin memproduksi BeAT sendiri. Foto: Dok. PT Astra Honda Motor
Jakarta -

Honda Filipina akan memproduksi Honda BeAT sendiri di negaranya. Skuter matik (skutik) itu sebelumnya diproduksi di Indonesia dan diekspor ke Filipina.

Dengan Honda Filipina yang bakal lebih mandiri memproduksi Honda BeAT di negara itu, apakah ekspor motor PT Astra Honda Motor (AHM) terancam?

General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, menegaskan pihaknya tidak begitu saja setop ekspor Honda BeAT ke Filipina. Menurutnya, AHM akan tetap menyuplai komponen Honda BeAT ke Filipina.

"Di pasar Filipina, AHM tetap akan ekspor BeAT dalam kondisi terurai atau CKD," kata Muhib dalam pernyataannya kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, AHM juga masih punya produk buatan Indonesia selain BeAT yang diekspor secara utuh (CBU/completely build up) ke Filipina. Adapun motor selain BeAT yang diekspor CBU ke Filipina, kata Muhib, adalah Genio, ADV150, dan Supra GTR.

"Kalau (ekspor motor PT AHM) terancam sih nggak ya. Ini challenge buat kita. Toh masih bisa (ekspor BeAT secara) CKD dan malah ada produk CBU lain," ujar Muhib.

Meski begitu, Muhib tak menutup kemungkinan bahwa Honda Filipina akan menggunakan komponen lokal negara itu untuk produk Honda BeAT.

"Mungkin aja (Honda Filipina pakai komponen lokal negaranya). Ini kan bagian dari mengembangkan daya saing produk di setiap negara," ucapnya.



Simak Video "Wajah Anyar Honda BeAT, Punya Desain dan Fitur Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com