Selain Ukuran, Ini Alasan Ban Mobil Tidak Baik Digunakan untuk Motor

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 22 Feb 2020 17:26 WIB
Ban spesial untuk mobil termahal di dunia
Kalau diperhatikan tapak ban mobil rata sedangkan motor bulat, kenapa ya? Foto: Pirelli
Jakarta -

Baik mobil atau motor memang menggunakan ban karet yang bulat seperti donat. Tapi pernahkah anda memperhatikan bagian tapaknya? Tapak ban mobil dibuat rata bahkan bisa tegak sendiri sedangkan tapak ban motor bulat.

Perbedaan bentuk tapak itu sebenarnya ada maksud dan fungsinya sendiri. Ban sepeda motor perlu dibuat sedemikian rupa karena ia melakukan manuver dengan cara menikung miring.

Sementara itu pada mobil, kaki-kaki dirancang sebisa mungkin untuk memusatkan gaya gravitasi di tengah. Berbagai teknologi dikembangkan pada mobil agar mobil tidak mengalami kemiringan saat berbelok. Ban yang rata tapaknya berperan penting dalam menjaga keseimbangan mobil tersebut.

Lain halnya dengan ban motor. Jika tapak ban motor dibuat rata seperti ban mobil tentu akan sangat sulit bagi pengendara dan motornya berbelok ke arah yang diinginkan. Oleh karena itu dengan profil ban yang bulat manuver motor untuk berbelok dapat dilakukan dengan baik.

Apabila motor menggunakan ban mobil seperti video yang diunggah oleh ridepart. Motor yang menggunakan ban rata itu adalah Honda Valkyrie. Saat motor berbelok miring akan menyisakan sedikit permukaan menempel ke aspal. Hal ini tentu berbahaya karena akan mengurangi daya cengkeram. Ban motor dengan profil bulat tetap akan mendapatkan luas permukaan yang cukup untuk membuat motor tidak terjatuh dan kehilangan grip saat berbelok.

Ban mobil sebenarnya dapat saja digunakan untuk motor selama motor digunakan di jalan yang relatif lurus dan tidak perlu melakukan manuver terlalu miring. Tapi tentu saja ketika berbelok miring akan ada sensasi naik motor menyenangkan yang biasa dirasakan menggunakan ban motor.



Simak Video "Gaya-gayaan Angkat Ban Motor di Depan Pos Polisi, 6 Pelajar Diamankan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)