Sabtu, 01 Feb 2020 14:33 WIB

Tilang Elektronik Motor Berlaku, Seperti Apa Mekanismenya?

Luthfi Anshori - detikOto
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau E-TLE bagi pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakpus. Tilang elektronik diberlakukan pada 1 Februari 2020. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sistem tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) untuk sepeda motor resmi diberlakukan Polda Metro Jaya mulai hari ini (1/2/2020). Adapun mekanisme tilang elektronik pada sepeda motor memiliki mekanisme yang sama seperti sistem tilang elektronik pada mobil.

"Mekanismenya sama saja sama seperti mobil," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, kepada detikcom, belum lama ini.

Lalu seperti apa mekanismenya?

Jadi kamera CCTV E-TLE akan merekam pengendara motor yang melakukan pelanggaran di ruas Jl Sudirman-Thamrin. Adapun pelanggaran yang ditangkap kamera misal seperti menggunakan telepon genggam saat berkendara, tidak memakai helm, tidak mematuhi rambu, dan melanggar marka jalan. Setelah pelanggar tertangkap kamera, sistem pada E-TLE akan melacak pelat nomor motor di data base kepolisian untuk dilakukan verifikasi.

Petugas kepolisian mempunyai waktu tiga hari untuk memverifikasi data dan mengirimkan surat konfirmasi kepada pemilik kendaraan. Dalam surat konfirmasi juga terlampir bukti pelanggaran yang dilakukan pengendara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pengumuman! Tilang Elektronik Motor Berlaku Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com