Rabu, 29 Jan 2020 20:17 WIB

Ban Motor Tanpa Angin, Abang Tambal Ban Siap-siap Sepi Orderan

M Luthfi Andika - detikOto
Ban tanpa udara Bridgestone Foto: Bridgestone
Jakarta -

Setelah ada ban tanpa angin khusus truk dan pesawat, kini Bridgestone mengumumkan akan memperkenalkan ban motor tanpa angin. Wah, abang tukang tambal ban bakal sepi order nih!

Dikutip Visordown, teknologi terbaru ban ini akan mengakhir era ban kempes. Berkat bentuknya yang unik, ban tanpa angin ini disebut bisa menopang beban sampai 2.267 kg dengan bahan dari termoplastik daur ulang. Ban ini juga dikatakan sudah melalui berbagai tahap pengujian.

Ban tanpa angin atau udara ini dikatakan terbuat dari termoplastik daur ulang, didesain menjadi satu struktur layaknya jaring yang menopang bobot kendaraan. Ban tanpa angin telah menjalani pengujian dunia nyata dan benar-benar anti-tusukan dan karena mereka tidak perlu mengembang, mereka tidak akan pernah kehilangan tekanan seiring waktu.

Bridgestone juga mengklaim kalau ban biasa sekitar 90 persen energi bisa hilang saat berputar. Maka dengan menyederhanakan struktur ban, ban tanpa udara ini bisa meminimalkan kehilangan energi. Hasilnya, ban ini memiliki tingkat ketahanan saat berputar, dan bisa berkontribusi pada pengurangan emisi CO2.

Memang saat ini Bridgestone belum memutuskan akan menjual ban ini untuk sepeda motor atau tidak. Namun dipastikan ban ini sudah mulai dijual untuk sepeda.

Ban Motor Tanpa Angin, Abang Tambal Ban Siap-siap Sepi OrderanFoto: Bridgestone

Bahkan ban ini bisa digunakan untuk kendaraan yang mampu melaju hingga 200 tenaga kuda.



Simak Video "Ironis! Pungut Getah Karet Seharga Rp 17.000, Kakek Dibui 2 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com