Selasa, 07 Jan 2020 16:17 WIB

VW Ingin Mobil Listrik Dicas Pakai Robot yang Bisa Keliling

Ridwan Arifin - detikOto
Robot mobile charging Foto: Volkswagen
Wolfsburg - Stasiun pengisian baterai menjadi satu bagian dari ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicles). Volkswagen mencoba menawarkan konsep mobile charging robot.

Mencuplik USA Today, Selasa (7/1/2020) Volkswagen baru-baru ini menunjukkan kepada dunia masa depan yang diimpikan, di mana robot dengan wajah digital berkeliaran di sekitar garasi parkir untuk mengisi daya EV.

Robot dengan teknologi otonom yang belum memiliki nama ini akan menemukan mobil yang kehabisan baterai, memasang pengisi daya dan kemudian pindah ke kendaraan lain tanpa campur tangan manusia.


"The mobile charging robot akan menjadi revolusi dalam hal pengisian daya mobil listrik," tutur Mark Möller, kepala pengembangan Komponen Grup Volkswagen.

Menurut Volkswagen, robot ini tidak memakan banyak tempat. Selain bisa diakses melalui smartphone, robot yang bisa keliling sendiri ini dapat 'melayani' mobil lain.

VW Ingin Mobil Listrik Dicas Pakai Robot yang Bisa KelilingFoto: Volkswagen


Dibekali dengan pengisian cepat arus DC, dan memiliki kapasitas listrik sebesar 25 kWh. Mobile charging robot bisa digunakan pengguna mobil listrik lain, sehingga beberapa kendaraan listrik bisa terlayani secara bersamaan.


"Masalah yang terkenal dari stasiun pengisian daya, antrian kendaraan lain tidak akan ada lagi dengan konsep kami," kata Möller.

"Anda cukup memilih tempat parkir seperti biasa, menyerahkan sisanya ke pembantu elektronik kami," tambahnya.

Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com