Pulang dari Mekkah ke Indonesia, Lilik Tidak Riding Nmax

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 01 Jan 2020 08:20 WIB
Foto: Instagram @jejakpalmarjambi

Dubes RI untuk Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, pun membagikan kisah Lilik Gunawan beberapa hari setelah ia menerima Lilik sebagai tamu di KBRI Riyadh. Cerita ini ia bagikan di akun facebook pribadinya pada 28/12/2019.

"Rute yang dilewati adalah start dari Jambi lalu Jakarta, Semarang, Surabaya lalu Banjarmasin. Lanjut ke Malaysia via Serawak dan lalu Kualalumpur langsung Thailand via Patani, Yala, Narathiwat langsung Bangkok lantas nyeberang ke Myanmar dan masuk India."


"Dari India masuk Pakistan via border Attari dan Wagah dilanjut ke Lahore dan Islamabad. Setelah melewati Kawasan "danger zone" di Quita dan Balochistan yang merupakan kawasan rawan teroris, anak muda nekat asal Solo dan tinggal di Jambi ini masuk ke Iran. Dari Iran baru masuk ke Uni Emirat Arab lewat pelabuhan Abbas."

"Dari Emirat Arab masuk ke Arab Saudi dan sempat tertahan di border Saudi selama 7 jam karena proses "sepeda motor" yang harus lolos imigrasi."



Menurut Agus Maftuh, Lilik sengaja melakukan perjalanan penuh risiko tersebut karena rindu Baitullah dan Rasulullah. Ia melakukan perjalanan dari Jambi, Indonesia pada Mei 2019, tepatnya tanggal 3 Ramadhan.

"Perjalanan "gila" dan "ajib" ini dia kasih judul " RIDE FOR MOM" Perjalanan demi Sang IBU," tulis Agus Maftuh.
Halaman

(riar/lth)