Senin, 30 Des 2019 20:37 WIB

Kapok! Pebalap Liar Jadi 'Montir' Dadakan di Polres Rembang

Arif Syaefudin - detikOto
Teknisi dadakan Foto: Arief Syaefudin
Rembang - Sejumlah sepeda motor modifikasi balap terjaring razia Polres Rembang. Tercatat puluhan sepeda motor yang diamankan ketika hendak menggelar balapan liar di Jalan dr Wahidin Rembang. Motor yang tidak laik jalan pun diangkut ke Mapolres Rembang.

Seluruh kendaraan yang diangkut adalah kendaraan yang tidak dilengkapi spare part sebagai mana mestinya. Sehingga, ketika para pemilik sepeda motor ini hendak mengambil kendaraannya, mereka harus mengganti spare part sepeda motor tersebut sesuai standarnya.


"Kami tangkap mereka ini di Jalan dr Wahidin dini hari tadi. Sehingga kendaraan langsung kami angkut, dan mereka kami bawa juga ke Mapolres Rembang. Mereka ini mau balapan, motor-motor ini yang digunakan untuk balapan tadi, dan tidak standar," kata Kasat Sabhara Polres Rembang, AKP Sunar kepada detikcom, Senin (30/12/2019).

Kapok! Pebalap Liar Jadi 'Montir' Dadakan di Polres RembangFoto: Arief Syaefudin


Sunar menyebutkan, aktivitas balapan liar ini cukup meresahkan masyarakat. Sebab, mereka menggelar aksi balapan liar tersebut di jalanan tengah kota yang cukup padat penduduk. Terlebih, mereka juga menggunakan uang sebagai taruhan kemenangan.


"Mereka ini rata-rata pakai ban kecil, knalpot brong yang suaranya sangat bising, tidak ada lampunya, bodynya dipretelin seperti ini. Masyarakat yang melintas, ataupun warga setempat resah kan," imbuhnya.

Untuk dapat membawa kendaraan mereka kembali, para pembalap liar yang rata-rata masih dibawah umur ini diminta mengganti spare part kendaraan sesuai dengan standar pabriknya. Disaksikan para anggota polisi, mereka seolah menjadi montir dadakan.


"Salah satunya ini warga Lasem, balapan di Rembang. Mereka kami minta untuk benar-benar mengembalikan kondisi kendaraan mereka sesuai standarnya, suratnya juga kami cek lengkap atau tidak. Baru mereka boleh keluar dari sini," jelas Sunar.

Tak hanya diminta untuk memperbaiki kendaraan mereka sendiri di Mapolres Rembang, mereka juga dikenai sanksi tilang sebagai efek jera.

"Kapok saya, gak akan mengulangi lagi," aku salah seorang pembalap liar asal Kecamatan Lasem.

Simak Video "Viral! Balap Liar Setop Kendaraan di Serpong, 4 Orang Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com