Kamis, 26 Des 2019 12:09 WIB

Ferrari Ternyata Pernah Produksi Sepeda Motor

Rizki Pratama - detikOto
Foto: rideapart.com
Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan mobil super seperti Ferrari. Pabrikan Italia berlogo kuda jingkrak ini bisa dikatakan telah menjadi ikon dari mobil-mobil berperforma tinggi di dunia. Tapi, apakah Anda tahu bahwa Ferrari juga pernah membuat sepeda motor?

Setidaknya ada sebuah model atau satu-satunya sepeda motor yang dibuat di bawah Ferrari pada tahun '90-an. Motor itu dibangun oleh David Kay dari David Kay Engineering atas izin tertulis dari putra Enzo Ferrari, yakni Piero Ferrari. Motor itu dibuat sebagai penghargaan kepada Enzo Ferrari.



Kay adalah seorang ahli motor Italia dengan MV Agusta. Pria ini tahu segala hal tentang motor-motor Italia yang diproduksi sebelum tahun 1998. Dengan segala keahlian dan pengetahuannya itu Kay dipercaya membuat motor berlogo Ferrari.

Pada pengerjaannya, Kay tidak sendiri. Mesin motor 4 silinder DOHC 900cc ini dibuat khusus oleh Kay dari awal. Bagian body yang terbuat dari aluminium dan knalpot megaphone dibantu oleh Terry Hall. Suspensi upside down depan oleh Forcelle Italia. Velg 17 inci dari Australite lengkap dengan rem depan belakang dari Brembo.



Motor Ferrari seberat 172kg ini mampu mencapai kecepatan maksimal 265 km/jam. Dalam kondisi baru tenaga motor ini dikatakan 105 bhp pada 8.800 rpm. Namun di jalanan motor ini sebenarnya tidak pernah menunjukkan kemampuan sesungguhnya karena memang ditujukan sebagai sebuah karya seni.

Hingga sekarang motor ini telah keluar masuk rumah lelang. Terakhir nilai lelang motor ini mencapai USD 308.281 atau setara dengan Rp 4,2 miliar kurs hari ini.

Ferrari sendiri terakhir dikonfirmasi tidak memiliki ketertarikan untuk menjadikan motor itu sebagai produksi masal untuk saat ini atau di masa mendatang. Gimana detikers? Setuju nggak kalau motor ini diproduksi masal?

Simak Video "Selain Harley, Ferrari di Lambung Garuda Minta Diusut"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com