Senin, 23 Des 2019 12:30 WIB

Motor Bertenaga Air Ini Bisa Meluncur Secepat Roket

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Dalam industri otomotif, panas adalah sumber energi dasar yang menjadi tenaga penggerak. Berbeda dengan motor roda tiga atau trike satu ini. Trike buatan François Gissy dapat melaju dengan cepat menggunakan tekanan air.

Tentunya dengan sumber tenaga seperti ini, trike milik Gissy bebas dari segala tudingan masalah lingkungan. Trike ini memiliki desain yang cukup unik, yaitu menyerupai sebuah roket.



Kendaraan ini dikenali sebagai sebuah motor berkat adanya ban, suspensi dan setang layaknya motor. Rangkanya dibuat khusus agar dapat mengangkut sebuah tabung besar yang berisi air. Di belakangnya ada dua roda kecil.

Motor Gissy menggunakan prinsip gerak yang kerap ditemui pada trik-trik permainan fisika menggunakan tekanan air. Bedanya trik itu dibuat dengan skala tenaga yang jauh lebih besar daripada sebuah permainan semata.



Saat diuji melaju di lintasan aspal lurus, akselerasi cukup mengejutkan untuk motor 'berbahan bakar' air ini. Dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 0,551 detik. Kecepatan maksimalnya tercatat sampai pada angka 261 km/jam. Sebuah hasil yang luar biasa bukan untuk motor buatan rumahan ini.

Sayangnya mahakarya Gissy menjadi senjata makan tuan untuk dirinya. Roket roda tiga miliknya digunakan di jalanan umum untuk syuting sebuah film. Masalahnya belum teridentifikasi, namun motor itu hancur keluar jalur dan merenggut nyawa Gissy.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Segahar Apa Mobil Baru Ronaldo Seharga Rp 145 M?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com