Senin, 16 Des 2019 16:13 WIB

Setelah Brebes, Yamaha Nmax di Malaysia Jadi Ambulans Motor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha NMAX Foto: Istimewa
Sarawak - Sepeda motor bagi beberapa kalangan menjadi solusi untuk tiba di tujuan dengan cepat tanpa harus terjebak macet. Kini, kendaraan darurat seperti ambulans pun mulai menggunakan sepeda motor.

Beberapa waktu lalu, seorang dokter PNS Polres Brebes, Jawa Tengah, memiliki inovasi dalam menangani korban kecelakaan di jalur macet seperti jalur pantura. Dia merancang sejumlah armada motor yang berfungsi memberikan pertolongan di daerah yang sulit dijangkau armada mobil, yaitu ambulance motor. Dia memanfaatkan skuter matik (skutik) gambot Yamaha Nmax.



Langkah serupa juga dilakukan di Malaysia. Menurut informasi yang disampaikan akun Facebook Mohd Ismail Ibrahim, lembaga kesehatan Sarawak, Malaysia akan menghadirkan ambulans sepeda motor. Motor yang digunakan juga sama, yaitu Yamaha Nmax.

Setelah Brebes, Nmax di Malaysia Jadi Ambulans MotorFoto: Istimewa


"Sebagai permulaan, pilot projek ini akan dilaksanakan di Kuching, Miri, dan Sibu (satu unit setiap bagian) terlebih dahulu," tulisnya di Facebook.


Setelah Brebes, Nmax di Malaysia Jadi Ambulans MotorFoto: Istimewa


Unit ambulans motor ini disebut sebagai 'Medical First Responder'. Ambulans motor ini bertugas menangani kasus kecelakaan.

Ambulans motor ini dikendarai oleh Medical Assistant, bukan dokter atau perawat. Jika ada keadaan darurat dan ambulans mobil sulit menjangkau karena kemacetan, motor ini akan bergerak lebih dahulu untuk memberikan pertolongan pertama sebelum tim darurat ambulans tiba untuk merawat korban.

Simak Video " Lebih Agresif! Ini Dia Tampang Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com